Cara Membuat Game Dengan Unity3D - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Wednesday 28 December 2016

Cara Membuat Game Dengan Unity3D


Apa itu Unity3D? Unity 3D adalah sebuah game engine yang super powerfull yang dapat digunakan untuk membuat game sekelas AAA. Sejak awal Unity dirancang untuk bisa membangun game 3D dengan sangat cepat. Namun sejak versi 4.6, Unity menambahkan fitur 2D engine. Sehingga saat ini, Unity sudah bisa digunakan untuk membuat game baik 3D maupun 2D.
Postingan ini ditujukan untuk menjawab pertanyaan dasar terkait dengan pembuatan sebuah game 3D. Bisa dibilang kalau postingan ini merupakan artikel Hello World versi Unity. Sehingga jika anda ingin membuat game 2D saya sarankan untuk membaca artikel saya yang ini: Cara Membuat Game 2D Menggunakan Construct 2 100% Tanpa Ngoding. Kenapa saya tidak menggunakan Unity juga untuk membuat game 2D? Karena menurut saya, Construct2 memiliki flow yang lebih simpel untuk membangun game 2D dibandingkan dengan Unity.
No offence. Ini mah cuma pendapat pribadi. Itu untuk game 2D. Sedangkan untuk game 3D, yah untuk saat ini, bagi saya Unity 3D masih tetap yang terbaik.
Nah, sebelum memulai tutorial ini sangat disarankan bagi anda untuk mengetahui berapa minimal biaya yang saya perlukan untuk mendapatkan kursus Unity.
Kursus Unity Rp. 30 Juta
Tapi tenang. Semua tutorial dalam website ini gratis kok. Oh ya, satu lagi. Sebelum anda memulai tutorial perdana ini, sangat disarankan bagi anda untuk mengetahui lebih rinci mengenai apa itu Unity dan di mana posisinya sebagai sebuah Game Engine.
Supaya nggak gagal paham.
Untuk itu anda bisa membaca artikel yang pernah saya buat di sini: Belajar Unity Untuk Pemula
Tahap 1 – Initialization
Pastikan anda sudah menginstall Unity 3D. Untuk menjalankannya, klik saja icon shortcut Unity pada desktop, anda akan dihadapkan pada Jendela Project seperti ini.
Unity Tutorial Networks 01
Ketikkan nama Project anda (misal Fundamental), browse Location pada komputer anda yang akan digunakan untuk menyimpan file Unity nanti, dan pilih mode game 3D atau 2D. Saat ini kita pilih 3D saja dulu. Setelah itu klik tombol Create Project. Dan biar anda tidak penasaran, mungkin tutorial membuat game 2D dengan Unity akan saya buat juga nanti. Baru mungkin loh ya, hehehe.
Ini adalah tampilan awal IDE Unity. Jika tampilan anda sedikit berbeda tidak masalah, karena posisi jendela dan panel pada Unity memang bisa diubah-ubah oleh user sesuai dengan kebutuhan.
Unity Tutorial Networks 02
Selanjutnya kita akan menambahkan Terrain. Caranya klik menu GameObject > 3D Object > Terrain
Unity Tutorial Networks 03
Perhatikan 2 hal yang akan terjadi pada IDE Unity anda. Pertama pada panel Hierarchy, terdapat sebuah GameObject baru bernama Terrain. Dan yang kedua pada panel Scene, terdapat sebuat dataran berwarna hitam. Buat anda yang bingung, itu tuh yang namanya Terrain. ?
Unity Tutorial Networks 04
Selanjutnya kita akan menambahkan cahaya. Caranya klik GameObject > Light > Directional Light
Unity Tutorial Networks 05
Perhatikan kembali perubahan yang terjadi pada IDE Unity anda. Salah satu yang paling kentara pastinya adalah warna Terrain yang kini menjadi lebih terang. Kan sudah dikasih lampu. Ya iyalah jadi terang. ?
Unity Tutorial Networks 06
Anda bisa mengatur posisi arah cahaya dengan mengatur/memutarkan objek Directional Light pada Scene. Tapi pertama-tama anda harus klik terlebih dahulu tombol Rotate. Letaknya di pojok kiri atas, tombol ke tiga yang memiliki icon panah bolak-balik.
Unity Tutorial Networks 07
Selanjutnya kita akan membuat sebuah Skybox buatan. Caranya klik menu Windows > Lighting
Unity Tutorial Networks 08
Klik tombol Scene dan pada textbox Skybox, klik tombol browse (tombol lingkaran kecil) yang akan menampilkan kotak dialog Select Material lalu klik Default-Skybox.
Unity Tutorial Networks 09
Tidak ada perubahan yang terjadi untuk tahap ini. Kelihatannya sih gitu. Tapi sebenarnya, sudah ada sesuatu yang berubah. Anda bisa melihatnya saat anda klik GameObject MainCamera pada panel Hierarchy lalu perhatikan Camera Preview di bagian bawah. Sudah ada langitnya kan?
Unity Tutorial Networks 10
Masih nggak percaya? Ya sudah. Jalankan game anda dengan cara klik Play dan perhatikanlah dengan seksama serta dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. ?
Unity Tutorial Networks 11
Tahap 2 – Environment
Langkah selanjutnya kita akan melukis Terrain putih polos tak ternoda itu menjadi sesuatu yang lebih ‘indah’. Tapi untuk itu kita perlu sebuah Package standar Unity. Impor sekarang! Caranya? Klik menu Assets > Import Package > Environment.
Unity Tutorial Networks 12
Akan ditampilkan jendela Import seperti ini. Nggak perlu dibaca lah. Nurut saja dan klik Import. ?
Unity Tutorial Networks 13
Setelah proses Import berhasil, klik Terrain pada panel Hierarchy (atau bisa juga klik Terrain melalui Scene) dan klik tombol Paint Texture (tombol kecil dengan icon kuas) pada panel Inspector.
Unity Tutorial Networks 14
Kemudian klik tombol Edit Texture > Add Texture
Unity Tutorial Networks 15
Pada dialog yang muncul selanjutnya klik tombol Select kemudian pilih gambar/texture Grass pada dialog yang lain. Setelah itu klik Add.
Unity Tutorial Networks 16
Perhatikan sekarang jika Terrain anda sudah berubah seluruhnya menjadi hijau. Benar? Kita sebut saja Texture Grass ini adalah Texture Primary.
Unity Tutorial Networks 17
Sekarang lakukan kembali hal yang sama, namun kali ini dengan menambahkan texture yang lain, misalnya Grass Rock.
Unity Tutorial Networks 18
Perhatikan bahwa Terrain anda kini tidak mengalami perubahn. Akan tetapi ada Texture lain (yaitu Grass Rock) yang kini berada di sebelah Texture Primary. Kita sebut saja Texture Secondary.
Unity Tutorial Networks 19
Klik Texture Secondary pada panel. Caranya? Pastikan anda memiliki mouse, simpan telunjuk tangan kanan anda pada tombol kiri mouse, gerakkan badan mouse sedikit demi sedikit sambil mengarahkan ujung pointer mouse sampai menyentuh gambar Grass Rock, lalu tekan tombolnya perlahan. Klik! Luar biasa! Anda baru saja mengklik dengan mouse. Hebat! ?
Unity Tutorial Networks 20
Masih dengan tombol Paint Texture ditekan, pilih Brushes yang anda suka pada panel Brush dan mulailah melukis Texture sesuai dengan kreatifitas anda. Bagian ini murni pekerjaan seorang artis.
Unity Tutorial Networks 21
Selanjutnya kita akan membuat gunung dengan cara yang sama seperti melukis terrain. Bedanya tombol yang digunakan adalah tombol Raise/Lower Terrain. Anda bisa menaikkan terrain dengan menekan tombol kiri mouse, dan menurunkan terrain dengan cara menekan Ctrl + tombol kiri mouse.
Unity Tutorial Networks 22
Buatlah Gunung sesuai dengan keinginan anda. Perhatikan brush yang saya gunakan adalah brush abstrak yang membuat ujung dari gunung runcing-runcing.
Unity Tutorial Networks 23
Anda bisa menggunakan tombol Smooth Height untuk merapikan gunung yang baru saja anda buat.
Unity Tutorial Networks 24
Setiap brush memiliki bentuk dan efek yang berbeda terhadap bentuk terrain anda. Jadi coba dan perhatikan saja sendiri ya. ?
Unity Tutorial Networks 25
Selanjutnya kita akan menambahkan Pohon. Caranya klik tombol Place Tree pada Inspector.
Unity Tutorial Networks 26
Caranya hampir mirip dengan menambahkan Texture. Klik tombol Edit Trees > Add Tree
Unity Tutorial Networks 27
Klik browse pada Tree Prefab lalu pilih salah satu pohon yang tersedia.
Unity Tutorial Networks 28
Atur Brush Size dan Tree Density sebelum anda menanam pohon. Secara umum, setingan awal Unity adalah menanam pohon dalam jumlah cukup banyak dan area yang luas. Saya sih lebih suka menanam pohon satu per satu biar lebih fokus.
Unity Tutorial Networks 29
Tanamlah pohon sesuai dengan keinginan anda. Caranya? Klik saja. Bagi anda yang tidak caranya mengklik dengan mouse, saya kasih tahu ya. Caranya adalah simpan telunjuk tangan kanan anda di tombol kiri mouse, kemudian… ah, sudahlah nggak penting.
Unity Tutorial Networks 30
Penuhi seluruh terrain anda dengan pepohonan. Lumayan Go Green kan?
Unity Tutorial Networks 31
Selanjutnya kita akan menambahkan Rumput. Caranya persis dengan cara menambahkan rumput. Bedanya kita akan menggunakan tombol Paint Details di sebelahnya. Kenapa nama tombolnya bukan Place Grass? Karena tombol ini bisa digunakan bukan hanya untuk menanam rumput.
Unity Tutorial Networks 32
Klik tombol Edit Details > Add Grass Texture
Unity Tutorial Networks 33
Klik browse pada Detail Texture dan pilih salah satu Grass Texture yang disediakan lalu klik Add.
Unity Tutorial Networks 34
Penuhi Terrain anda dengan rumput dengan cara klik-drag pada terrain.
Unity Tutorial Networks 35
Dan sedikit trik, untuk membuat efek realistis, klik ulang sambil menekan tombol Shift sehingga rumput yang terlihat jadi jarang-jarang bin goyang-goyang.
Unity Tutorial Networks 36
Satu hal yang perlu anda pahami bahwa Rumput HANYA di render pada jarak tertentu jadi jika jarak kamera anda dengan terrain menjauh dan rumput yang anda baru saja tanam menghilang, jangan kuatir. Da rumput mah memang gitu direndernya. ?
Unity Tutorial Networks 37
Selanjutnya kita akan menambahkan air. Caranya? Pada panel Projects, cari folder Standard Assets > Environment > Water > Water 4 > Prefabs
Unity Tutorial Networks 38
Tarik prefab Water4Advanced ke dalam Scene.
Unity Tutorial Networks 39
Agar terlihat lebih natural atur posisi dan ukuran GameObject Water4Advanced sedemikian rupa agar bagian ujungnya tersembunyi di balik patahan terrain (gunung)
Unity Tutorial Networks 40
Klik MainCamera anda, arahkan posisinya mendekati air dan perhatikan pada Camera Preview. Airnya sudah kelihatan bagus bukan?
Unity Tutorial Networks 41
Sekarang klik Play dan coba perhatikan scene anda yang kini sudah ditambah dengan Air. Kelihatannya seger banget tuh jadi pengen berenang.:-)
Unity Tutorial Networks 42
Tahap 3 – Character
Pada bagian ini kita akan menambahkan character ke dalam game sebagai sarana interaksi. Tapi langkah pertama adalah HAPUS GameObject MainCamera pada panel Hierarchy.
Unity Tutorial Networks 43
Selanjutnya klik menu Assets > Import Package > Characters
Unity Tutorial Networks 44
Tidak perlu dibaca, klik Import saja langsung.
Unity Tutorial Networks 45
Kemudian cari folder Standard Assets > Characters > FirstPersonCharacter > Prefabs
Unity Tutorial Networks 46
Tarik prefabs FPS Controller ke dalam Scene
Unity Tutorial Networks 47
Atur posisinya agar sedikit berada di atas Terrain saat pertama game dijalankan. Kalau tidak, karakter anda akan tembus ke dalam tanah, terperosok ke dalam lembah nista yang tak tiada tara.
Unity Tutorial Networks 48
Jalankan Game anda dengan cara klik Play dan gunakan tombol panah keyboard untuk bereksplorasi.
Unity Tutorial Networks 49

2 comments: