Pada artikel ini saya akan membuat tutorial membuat game bergenre Top Down Shooter sederhana menggunakan Construct2. Pastikan anda sudah mendownload Construct2 yang bisa di download di secara gratis di web scrira.com. Oke, ayo kita mulai.
Tutorial Membuat Game 2D Tutorial Membuat Game 2D Tutorial Membuat Game 2D Tutorial Membuat Game 2D Tutorial Membuat Game 2D Tutorial Membuat Game 2D Tutorial Membuat Game 2D Tutorial Membuat Game 2D Tutorial Membuat Game 2D Tutorial Membuat Game 2D
1. Memulai sebuah projectUntuk memulai sebuah project, buka program Construct 2. Pada tab Start Page, pilih “New Project”
Kemudian pilih “New empty project” pada kotak dialog yang muncul.
2. Membuat karakter utama
Untuk membuat sebuah objek sebagai karakter utama, klik kanan, lalu pilih “Insert new object” atau klik dua kali pada layout untuk menambah sebuah objek.
Setelah muncul dialog “Insert New Object”, ketikan “Sprite” pada kotak pencarian, pilih objek dengan nama “Sprite”, lalu klik “Insert”
Klik layout disembarang tempat, akan muncul panel “Edit image” seperti ini:
Gambar lah sebuah objek pada canvas yang tersedia pada panel dengan menggunakan tools yang tersedia. Anda juga dapat memanggil sebuah gambar dari gambar pada computer, yaitu dengan cara klik icon yang bertuliskan “Load image from a file”.
Pilih gambar sesuai keinginan untuk karakter utama.
Jika gambar sudah tertera pada canvas, tutup panel tersebut untuk melihat hasilnya pada layout, dan sesuaikan ukurannya.
Namai karakter anda dengan nama “Player” untuk mempermudah pengaturan objek. Untuk menamai objek, klik kanan lalu “Rename” objek tersebut pada Projects Bar di bagian kanan project.
3. Membuat karakter utama bergerak
Untuk membuat karakter utama bergerak, diperlukan sebuah behavior “8 Direction” yang sudah tersedia pada Construct 2. Pada Properties Bar, klik link “Behaviors”, akan muncul kotak dialog “Behaviors”
Tambahkan Behavior pada tokoh utama dengan menekan tanda “+” kemudian akan muncul dialog “Add Behavior”. Ketikan “8 Direction” pada kotak pencarian, lalu pilih behaviornya dan klik “Add”.
Ubah pengaturan “Set angle” pada behavior “8Direction”nya menjadi “No”
Jalankan program dengan menekan tombol “Run” pada bagian kiri atas project.
Terlihat tokoh utama dapat digerakan dengan menggunakan anak padah pada Keyboard.
Kembali ke project, perlu adanya sebuah “event” untuk membuat tokoh utama bergerak menghadap kursor, pertama tambahkan sebuah objek Mouse terlebih dahulu kedalam project.
Terlihat objek Mouse telah ditambahkan pada Projects Bar
Setelah itu buka tab “Event Sheet 1” tambahkan sebuah event dengan klik “Add Event”
Akan muncul kotak dialog “Add event” lalu pilih “System”
Pilih “Every tick”
Kemudian tambahkan aksi dari event tersebut dengan klik “Add Action”
Pada kotak “Add Action” pilih objek “Player”
Kemudian pilih “Set angle towards position”
Kemudian isikan “Mouse.X” pada kotak teks X dan “Mouse.Y” pada kotak teks Y. Setelah itu klik “Done”
Jalankan projectnya, terlihat tokoh utama dapat bergerak dan menghadap ke arah kursor
4. Membuat arena permainan
Untuk menambahkan lantai permainan, tambahkan objek baru yang bertipe “Tiled Background”. Objek tipe ini akan memenuhi ukuran objek dengan merepeat gambar tersebut tanpa merubah rasio dari gambar.
Atur bentuk lantai sesuai keinginan
Namai objek dengan nama “Arena”, kemudian atur ukuran arena agar memenuhi layout project.
Untuk membuat tokoh utama berada diatas arena, kita perlu memindahkan posisi dari arena tersebut. Klik kanan pada arena, pada “Z Order” pilih “Send to bottom of layer”.
Terlihat tokoh bergerak diatas arena namun posisi camera tidak bergerak mengikuti tokoh.
Untuk melakukan itu diperlukan behavior baru yaitu “Bound to Layout” dan “Scroll To”, tambahkan terlebih dahulu behavior “Bound to Layout” pada objek “Player”
Kemudian tambahkan juga behavior “Scroll To” pada objek “Player”
Kemudian jalankan project, setiap tokoh bergerak, camera akan mengikuti kemana tokoh tersebut berada.
5. Membuat karakter utama menembak
Untuk membuat karakter utama menambak, perlu adanya objek baru sebagai peluru.
Atur bentuk peluru sesuai keinginan
Beri nama objek “Bullet”, dan sesuaikan ukurannya
Tambahkan behavior “Bullet” pada peluru, sebagai tambahan perlu ditambahkan behavior “Destroy outside layout” untuk menghemat penggunaan memori permainan.
Sebelum memulai menembak, titik kemunculan peluru harus diatur terlebih dahulu pada tokoh utama. Klik dua kali pada toko utama untuk membuka editor, klik icon “image points” seperti gambar dibawah, lalu muncul kotak dialog “Image Points”
Tambahkan image point baru dengan klik icon “+” kemudian namai image point menjadi “Bullet”
Atur titik tersebut menjadi di ujung sebuah senapan dengan mengkliknya
Atur “Speed” behavior “Bullet” menjadi 2000
Tambahkan event baru pada Event Sheet tab, lalu klik objek Mouse
Lalu pilih “On click”
Pada kotak dialog selanjutnya, klik “Done”
Kemudian tambahkan actionnya, pilih “Player”
Setelah itu pilih “Spawn another object”
Pilih objek “Bullet” pada input Object, isikan 1 pada input Image point, lalu klik “Done”
Jalankan projectnya, terlihat tokoh menembakan peluru ketika kursor diklik.
6. Membuat musuh
Untuk membuat musuh pada permainan, tambahkan objek baru dengan tipe Sprite, dan atur bentuk musuh sesuai keinginan
Namai objek dengan “Enemy” lalu atur ukurannya.
Untuk membuat musuh bergerak, tambahkan behavior “Pathfinding” agar musuh dapat bergerak ke arah tokoh utama.
Setelah itu atur “Max speed” behaviornya menjadi 150
Perlu adanya penambahan event untuk menggunakan behavior “Pathfinding” ini. Pertama buka Event sheet, lalu tambahkan event. Pilih “System”
Lalu pilih “Every X Seconds”
Pada kotak dialog selanjutnya isikan 0.4 pada kotak Interval, lalu klik “Done”
Tambahkan aksi baru pada event tersebut. Pilih objek “Enemy”
Kemudian pilih “Find path”
Pada kotak dialog selanjutnya, isikan “Player.X” pada input X dan “Player.Y” pada input Y. Klik “Done”
Tambahkan juga event baru pada objek “Enemy”
Lalu pilih “On path found”
Selanjutnya tambahkan aksi untuk event tersebut, klik “Add Action” lalu pilih objek “Enemy”
Lalu pilih “Move along path”, dan klik “Done”
Jalankan project, terlihat musuh bergerak kearah tokoh utama
7. Membuat nyawa musuh
Kita akan membuat nyawa musuh yang dapat berkurang ketika terkena tembakan dari tokoh utama. Pertama tambahkan layer baru pada tab Layers dibagian kanan project
Namai masing-masing layer menjadi “GUI” dan “Game”
Atur pengaturan Parallax layer “GUI” menjadi 0,0
Pilih layer “GUI”, lalu tambahkan objek baru untuk menampilkan nyawa musuh bertipe “Text”
Sesuaikan ukuran dan posisi, atur warna teks jika diperlukan, kemudian namai objek teks tersebut dengan nama “EnemyHealth”
Setelah itu pada tab Event sheet, klik kanan lalu pilih “Add Global Variable”
Namai variable “vEnemyHealth” dengan Initial value “10”, kemudian klik “OK”, musuh akan hancur ketika ditembak 10 kali
Selanjutnya tambahkan event baru pada event pertama (System > Every tick). Pilih Text “EnemyHealth”
Kemudian pilih “Set text” dan klik “Next”
Pada kotak dialog selanjutnya, isikan “vEnemyHealth” pada input Value, kemudian klik “Done”
Selanjutnya kita akan membuat nyawa musuh berkurang ketika peluru mengenai musuh. Pertama tambahkan event baru pada tab Event Sheet, pilih objek “Bullet”
Selanjutnya pilih “On collision with another object”
Pada dialog selanjutnya, pilih objek “Enemy”, lalu klik “Done”
Tambahkan action pada event tersebut, kemudian pilih “System”
Kemudian pilih ”Substract from”
Pilih variable “vEnemyHealth” pada input variable, dan isikan 1 pada input Value, lalu klik “Done”
Tambahkan action baru pada event tersebut, kemudian pilih “Bullet”
Pilih “Destroy” untuk menghilangkan peluru setelah musuh tertembak, lalu klik “Done”
Tambahkan event baru untuk menghilangkan musuh setelah nyawa musuh menjadi 0, pilih objek “System”
Pilih compare variable
Lalu isikan 0 pada input Value, klik “Done”
Tambahkan action pada event tersebut, pilih “Enemy”
Pilih “Destroy” lalu klik “Done”
Selanjutnya kita akan menambahkan event untuk menghancurkan tokoh utama ketika terkena musuh. Tambahkan event baru untuk objek “Player” .
Pilih “On collision with another object”
Pilih objek “Enemy”, lalu klik “Done”
Tambahkan action pada event tersebut seperti gambar berikut:
8. Membuat penghalang
Untuk membuat penghalang, kita perlu menambahkan sebuah objek baru bertipe Tiled background pada layer “Game”, atur tampilan sesuai keinginan.
Namai penghalang tersebut menjadi “Wall”, lalu atur tampilan sesuai keinginan.
Kita perlu menambahkan behavior solid pada objek “Player”, “Wall”
Setelah kedua objek tersebut ditambahkan behavior “Solid”, atur terlebih dahulu garis rintangan pada objek “Player” dengan membuka dialog Editor “Player”, klik icon collision dipaling bawah, klik kanan pada canvas, lalu pilih “Guess polygon shape”
Menjadi seperti ini.
Tambahkan event baru untuk menghancurkan peluru ketika peluru terkena dinding
Tambahkan juga aksi untuk menghancurkan pelurunya
Jalankan project, terlihat sebuah penghalang yang menghalangi musuh, peluru, dan tokoh utama
9. Membuat efek ledakan peluru
Untuk membuat efek ledakan pada peluru, buat sebuah objek bertipe Particles.
Atur gambar ledakan, lalu namai objek tersebut dengan “Explosion”
Pada bar Properties, atur Spray conenya menjadi “360” dan Typenya menjadi “One-shot”
Selanjutnya buat action untuk menambah efek ledakan pada saat peluru mengenai musuh. Pada event “Bullet On collision with Enemy”, tambahkan action, kemudian pilih objek “Bullet”
Kemudian pilih “Spawn another object”
Pada dialog selanjutnya, isikan objek “Explosion” pada input Object, lalu klik “Done”
Jalankan project, peluru sudah dapat mengeluarkan efek ledakan ketika terkena musuh.
No comments:
Post a Comment