Wow! Kostum Spiderman Ternyata Berjumlah Lebih Dari 20 Buah! - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Tuesday 15 May 2018

Wow! Kostum Spiderman Ternyata Berjumlah Lebih Dari 20 Buah!



Si muka jaring aka Spiderman terkenal dengan kostum merah-biru dengan logo laba-labanya. Dalam versi komiknya, Peter Parker juga kadang menggunakan kostum hitam yang sepintas mirip sekali dengan musuh bebuyutannya Venom, tentu saja tanpa gigi tajam yang runcing mirip monster itu. Dalam beberapa film Spiderman, baik versi animasi maupun layar lebar, desain kostum Spiderman beberapa kali mengalami perubahan. Tapi perubahannya tidak terlalu signifikan. Karena desain utama kostumnya, terutama warna dasar kostumnya tidak berubah. Tetap saja merah dan biru, khas Spiderman. Tapi tahukah anda jika ternyata dalam versi komiknya, kostum Spiderman ini memiliki banyak sekali variasi. Beberapa diantaranya terlihat keren, sementara sebagian lagi malah terlihat menggelikan. Penasaran seperti apa kostum-kostum Spiderman tersebut? Ayo kita perhatikan satu per satu.
 

Spiderman versi Steve Ditko merupakan versi pertama Spiderman yang menjadi acuan bagi seluruh kostum Spiderman setelahnya. Pada versi ini, Spiderman dirancang dengan dominasi warna merah dan biru serta sayap jaring laba-laba. John Romita mengubah rancangan Steve Ditko dengan menghilangkan sayap jaring dan memberi warna lebih cerah pada kostumnya. The Symbiote merupakan cikal bakal Venom. Jadi sebelum bertemu dengan Eddie Brock, alien berkulit hitam seperti aspal itu sempat bergabung dengan Peter Parker loh.
 

Captain Universer merupakan cerita spin off ketika Peter Parker bergabung dengan sebuah entitas bernama Uni-Power. Bentuknya udah nggak mirip Spiderman lagi. Geje banget nggak sih? Desain kostum spiderman versi Todd McFarlane merupakan desain kostum yang paling sering digunakan pada era 90an. Desain ini juga yang diangkat ke dalam beberapa film animasi The Amazing Spiderman. Sementara gambar di sebelahnya merupakan desain kostum Spiderman masa depan yang datang dari tahun 2099. Serem juga ya?
 

Spiderman versi Armored ini dimunculkan untuk mengahadapi lawan yang sangat kuat. Armor ini memang membuat Spidey jauh lebih lambat, tapi bisa melindunginya dari senjata berbahaya. Scarlet Spider bukanlah Peter Parker, melainkan clone Spiderman yang bernama Ben Reillty. Kostumnya cukup kocak, mirip seperti anak sekolahan. Sementara kostum versi Sensational ini merupakan dirancang oleh Ben Reillty saat Peter Parker pensiun jadi Spiderman. Skilas, kostum tahun 1996 mirip seperti rancangan Spiderman Homecoming loh!
 

Desain Spiderman tahun 2000 merupakan versi klasik dengan memundurkan seting cerita dan Peter Parker masih berusia 16 tahun. Sementara Spiderman versi 2002 yang merupakan Spiderman versi Tobey McGuire merupakan modifikasi dari hasil rancangan John Romita tahun 1966. Kalau nggak percaya, coba scroll lagi ke atas :). Spider-Clan adalah kostum Spiderman yang menurut saya aneh banget. Mirip kayak anak abg labil. Nggak cocok digunakan sebagai kostum superhero. Tapi itu hanya masalah selera.
 

Kostum Spiderman 1602 merupakan versi alternatif dari Spiderman dengan tokoh utama bernama Peter Parquagh. Rada maksa juga ya bikin namanya mirip "Peter Parker". Kemudian untuk kostum Spiderman versi Secret War, bentuknya lebih mirip kostum ninja. Aneh. Kostum Iron Spider lebih aneh lagi. Kostum ini dirancang khusus oleh Tony Stark dengan berbagai perlengkapan canggih. Mungkin atas dasar kostum inilah, kenapa pada cerita Spiderman Homecoming kostumnya dibuat oleh om Tony. Who knows?
 

Kostum versi 2007 yang merupakan film ke-3 Tobey McGuire ini merupakan modifikasi dari kostum Spiderman Symbiote tahun 1984 dengan mekanisme dan alur cerita yang hampir mirip. Sementara Spiderman versi Noir merupakan cerita Spiderman yang dibuat pada timeline alternatif yang tidak ada hubungannya dengan cerita Spiderman original. Pada timeline ini, sekitar tahun 1930 sedang terjadi peperangan di New York, dan Peter Parker berperan sebagai tukang main hakim sendiri. Spiderman Future Foundation merupakan hasil kolaborasi antara Spiderman dan Fantastic Four. Dalam kisah ini, Spiderman menggantikan sementara posisi Human Torch yang menghilang entah kemana.
 

Kostum Stealth sesuai dengan namanya, merupakan kostum Spiderman yang memiliki mode Stealth. Kostum dapat membuat Peter Parker menghilang. Selain itu kostum ini juga dirancang anti api dan mampu memperbaiki sendiri. Keren banget nih. Spiderman generasi selanjutnya adalah Miles Morales. Setelah Peter Parker tewas, remaja inilah yang meneruskan sepak terjang si muka jaring. Meski bentuk kostumnya sudah tidak bisa dibilang muka jaring lagi. Tahun 2012 merupakan tahun Amazing dengan rebootnya Spiderman versi Tobey Macguire. Pemeran utama diganti oleh Andrew Garfield, dan love interestnya bergeser ke Gwen Stacy. Tidak ada terlalu banyak perubahan pada desain kostum, hanya saja kegagalan duo film The Amazing Spiderman sepertinya memaksa Sony dan Marvel untuk mereboot kembali Spiderman secara paksa melalui Homecoming. Anda setuju?
 

Scarlet Spider II merupakan clone Peter Parker dan merupakan penjahat yang sangat sulit dilumpuhkan. Maklum, Scarlet Spider II memiliki kemampuan yang sama persis dengan Spiderman asli. Spiderman versi Superior merupakan hasil rekayasa Doctor Octopus dengan menanam otaknya pada tubuh Peter Parker. Hasilnya, kostum pun diubah menjadi separuh Spiderman dan sepatuh Symbiote. Rada maksa? Memang. Secara umum kostum Amazing II tidak memiliki banyak perubahan dari versi sebelumnya. Hanya tata warna yang lebih gelap saja. Dari 20+ kostum Spiderman ini kita dapat simpulkan bahwa rancangan kostum Spiderman sebenarnya tidak banyak berubah dari waktu ke waktu. Kalau pun ada akar paling utama dalam desain kostum Spiderman maka itu adalah perpaduan dari rancangan Steve Ditko dan John Romita yang merupakan ilustrator awal si muka jaring.

No comments:

Post a Comment