Tutorial Unity - Membuat Game 3D Pertamamu! - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Tuesday 13 November 2012

Tutorial Unity - Membuat Game 3D Pertamamu!



Tadaaa! Akhirnya gue punya waktu juga buat bikinin tutorial unity buat lo-lo dan lo semua yang penasaran pengin belajar bikin game 3D. Selama pencarian dan pertapaan gue selama ini (buset dah bahasanya), gue jarang banget nemuin tutorial bahasa Indonesia yang ngasih tutorial unity untuk pemula secara lengkap. Maksudnya secara lengkap tuh dari pertama kali bikin terrain sampai di publish jadi sebuah exe. Sebuah siklus lengkap yang kalau di dunia pemrograman di sebut sebagai ritual Hello World. Jadi mulai dari postingan ini, Postingan-postingan selanjutnya, gue bakalan kasih lihat dan kasih petunjuk tentang bagaimana sih Hello World-nya Unity? Buat yang pada penasaran ini dia bentuk akhir dari apa yang akan kita buat:


Sebuah suasana pedesaan dan pegunungan yang indah bukan? Hehehe.

12 comments:

  1. wah, kenapa ndak dilanjutkan bang?

    ReplyDelete
  2. kang Rickman, saya bisa minta alamat emailnya? terima kasih.

    ReplyDelete
  3. ANDAI BRATAYUDA-NYA Pakai Unity 3D nggak bakalan nyambung peta dan nggak ada dinamika kayanya.....yang bikin.......? semoga.....

    ReplyDelete
  4. Bukan Bratayuda atuh, Bharatayudha. Itu teh nama udah hak paten tuh. Gimana "medan pertempuran" di sana? Masih aman-aman saja kan? Hehehe.

    ReplyDelete
  5. Kalau game hack and slash bisa buatnya mas? yanag pakai c# macem burgzergarcade itu?

    ReplyDelete
  6. Game hack and slash udah banyak tutorialnya, tapi saya mah belum pernah bikin, hahaha

    ReplyDelete
  7. bro untuk coding c# yg simple.. pas touch object 3d trus keluar sound gmna ya... saya lagi buat AR simple ni.. bingung coding c# biar keluar bunyi pas disentuh objeknya.. mohon bantuan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya untuk touch-mah nggak ada yang simple. Kira-kira kayak ginilah:

      if (Input.touchCount > 0 && Input.GetTouch(0).phase == TouchPhase.Began)
      {
      RaycastHit2D hit = Physics2D.Raycast (Camera.main.ScreenToWorldPoint((Input.GetTouch (0).position)), Vector2.zero);
      if(hit.collider != null)
      {
      audio.play();
      }
      }

      Ntar-lah kalo sempet saya coba-coba bikin tutorial yang simpel soal itu

      Delete