Tutorial Unity Ala Kancil - Membuat Game Lengkap (Episode 1: Intro) - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Friday 1 February 2013

Tutorial Unity Ala Kancil - Membuat Game Lengkap (Episode 1: Intro)


Sebenernya udah lama banget gue pengin bikin ini. Sebuah tutorial yang lengkap dari awal sampai untuk bikin sebuah game dengan unity. Cuma karena kesibukan gue yang bejibun, khususnya menyelesaikan novel-novel fiksi fantasy gue, jadi aja blog ini rada keteteran. Anyway, dengan waktu yang sangat singkat dan cukup padat, gue bakalan coba menuhin ini blog dengan sebuah tutorial bagus banget karangan gue sendiri (yang pada mau protes dipersilahkan menutup browser anda!) .

Tutorial ini gue sebut sebagai Membuat Game Lengkap! Benar banget sodara2.

Jadi kalo ente-ente semua baca tutorial ini dengan baik dan benar disertai itikad baik dan cinta tanah air, sumpah pemuda dan bela bangsa bagimu negeri (halah!), lo semua bakalan bisa bikin game super sederhana pake unity. Yeah, minimal bisa dipakai buat tugas skripsi dan bikin anak2 balita terperangah. *gubrak!*

Nah, berhubung tutorialnya panjang banget, jadi gue pilah2 dalam beberapa sinetron, eh, maksudnya, episode. Biar gue juga ngetiknya bisa rada nyantai, dan lo-lo semua yang masih buta bin awam dengan unity bisa menangkap apa yang gue terangkan dengan sebaik-baiknya.
Langkah pertama yang harus lo tahu sebelum bikin game adalah mengenal struktur game itu sendiri. Struktur game itu banyak bentuknya, dan setiap developer punya gayanya masing2. Dan, karena ini adalah blog gue, yang nulis artikelnya juga gue, maka strukturnya pun pake struktur bikinan gue. Kurang lebih gambarannya kek gini:

Lo baca gambarnya dari atas ke bawah. Kalao ada yang sejajar kiri atau kanan itu namanya optional. Kenapa gambar ini nggak gue kasih garis, karena gue lagi males.Titik. Ada pertanyaan? Nggak ada? Bagus. Sodara-sodara sebangsa tanah dan sebangsa air, menurut hukum akuntansi karangan mbah Toing, di dalam sebuah game yang baik dan benar, ada 3 bagian besar yang biasaya ada. Yaitu: MAIN MENU, GAME PLAYING, dan ENDING. Sementara sisanya mah itu, optional. Biar kelihatan keren aja. 

Jadi kalo melihat diagram di atas ini, ada banyak hal-hal optional yang harus dikerjain untuk bisa bikin sebuah game. Tapi lo tenang aja, setiap minggunya gue bakalan posting 1 artikel yang membahas masing-masing dari gambar di atas (kalo gue nggak lagi males, hehehe). Jadi di akhir acara nanti, eh, di akhir blog nanti, lo semua pasti bakalan bisa membuat game keren yang sekeran blog gue.Oke, segitu sodara-sodara. Tungguin postingan gue selanjutnya tentang bagaimana caranya membuat Splash Screen di Tutorial Unity - Membuat Game Lengkap (Episode 2). 
See you again!





No comments:

Post a Comment