Apa yang baru dari Unity 5? - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Thursday 5 March 2015

Apa yang baru dari Unity 5?

Belum genap setahun saya menulis buku Unity dengan versi 4.3, eeeh, Unity sudah merilis Unity versi 5. VERSI 5 BO!!! Saya inget banget, tahun lalu, Unity sudah melakukan publikasi soal Unity 5 tapi cuma untuk yang membeli lisensi Unity 5 Pro. Siapa yang nyangka kalau Unity yang super baru ini bakalan dirilis dalam waktu secepat ini untuk mereka yang doyan gratisan kayak saya, huahahah. So, kayak apa sih bentuknya si Unity 5 ini? Ayo kita jajal, bleh!

Tampilan Awal
Yup! Bentuk tampilan awal Unity 5 kini yang lebih keren dari sebelumnya. Selain splash Unity yang lebih elegan bentuk dialog awalnya pun keren.


Tidak Ada Skybox
Ini benar. Hal pertama yang bikin saya bingung adalah kemana Skyboxnya? Mana langitnya? Kelihatannya Unity menghilangkan fitur ini dan menggantinya dengan semacam Skydome yang lebih baik. Fitur ini juga kelihatannya bisa bikin simulasi pergantian hari dengan lebih mudah. *barangkali...*



Standar Assets Yang Lebih Ramping
Saya kaget luar biasa pada waktu melihat Standard Assets yang ditawarkan oleh Unity 5. Bedanya jauh bener dengan Unity versi 4.xx. Lebih ramping dan to the point. Keren sih. Tapi gimana dengan nasib buku Unity saya? Ntar orang2 pada protes lagi. "Gan? Ente bikin buku Unity kok menunya beda begini? Emangnya bikinnya kapan? Jaman purba ya?" GUBRAK!


Environment
Waktu saya pertama kali saya belajar Unity, yang pertama kali diajarin adalah bikin Terrain dan mewarnainya dengan tekstur rumput. Di Unity 5 ini nggak ada package Terrain. Bingung deh. Saya coba tebak, mungkin nama packagenya Environment.


Yup! Nama Package-nya udah bener. Tapi kok ada pakacge CrossPlatformInput yang ikut diload? Saya coba buka CrossPlatformInput sendiri dan package Environment nggak ikut keload. Jadi kesimpulannya, Unity 5 ini bisa ngeload sebuah Package berikut Package lain yang terikat dengannya. Ngerti? Nggak? Sukuuur!


Terrain
Hal lain yang berubah adalah ukuran default GameObject Terrain yang semual 2000x2000 pixel kini jadi lebih kecil, cuma 500x500 pixel. Sisanya sama aja, untuk pohon, rumput dan lainnya sama. Eh ada yang beda ding. Yaitu air.


Ta-daaaaa! Ajib gile keren banget kan? Air yang super keren ini bisa didapatkan cuma dengan Unity 5 versi personal. Suka banget deh dengan airnya. Realistik bingit, bro! *Lah, terus dulu gue ngapain belum Suimono Water System Sagala? Ah, rugi euy!*


Effects
Untuk package Effect isinya adalah kumpulan shader default yang pusing banget deh ngeliatnya. Buat agan-agan yang suka nyekrip shader, makanan agan nih ada di sini.


Particle System
Waktu ngeliat daftar prefabnya, saya cukup senang karena Package ini menawarkan banyak hal baru. Dan salah satu yang paling saya suka adalah.... KEMBANG API! Yeeey!


Error
Eh, ini mah bukan fitur terbaru Unity, ini mah error. Jadi kompi saya yang baik hati kepanasan juga ngejalanin Unity versi baru dan ngambek deh. *siap-siap nih beli laptop baru yang lebih kenceng!*


Vehicle
Ada package baru khusus untuk Vechicle, isinya aircraft dan mobil. Belum saya tes, tapi udah kebayang sih isi scriptnya apaan. Puyeeeeng!


Prototype
Nah, ini dia package yang bikin saya bingung.  Tadinya saya pikir, isinya adalah prototype atau kit dari sebuah game, ternyata ini adalah template dari sebuah level. Isinya adalah berbagai bentuk objek, kayak kotak, bulet, rumah, tangga dan lain-lain. Geje lah pokoknya.


Masih juga package Character, package 2D dan beberapa package lain yang belum saya cobain. Meski pun begitu, Unity 5 ini kayaknya punya potensi yang lebih ajib gila daripada Unity versi sebelumnya. Potensi loh ya! Sisanya adalah kemampuan kreatif agan-agan sekalian. Gimana? Mau bikin game kayak apa nih dengan Unity 5?

23 comments:

  1. tapi nyebelinnya downloadnya gagal dan ga bisa diresume
    prosedur download Unity 5 kali ini menurut saya ribet banget
    ga kayak sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, ternyata bukan saya aja yang ngalamin gagal downloadnya, terus berjuang mas!

      Delete
  2. Replies
    1. download di situs resminya, mas. http://unity3d.com/

      Delete
  3. Request buku ttg unity 5 mas...hhahaha

    ReplyDelete
  4. Mas, minta tutorial buat game yang lengkapnya dong, maksudnya buat dari splash screen, main menu, loading screen dll. Pokoknya semua point yang ada di game dari awal sampai akhir.Tq mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Minta? Beli! Saya kan udah bikin bukunya tuh, hehehe

      Delete
  5. Spesifikasi laptop yang pas kaya gimana bang??
    Sekalian mau nyoba cryengine :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm, speknya gimana ya? yang pasti driver vganya udah terupdate, nggak ada virusnya, dan laptopnya udah lunas

      Delete
  6. Bang klo cara karakter megang senjata di unity 5 gmn bang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nggak salah megangnya pake tangan, masa pake idung?

      Delete
  7. Bang klo cara karakter megang senjata di unity 5 gmn bang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nggak salah megangnya pake tangan, masa pake idung?

      Delete
  8. Bang klo cara karakter megang senjata di unity 5 gmn bang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nggak salah megangnya pake tangan, masa pake idung?

      Delete
  9. Bang klo cara karakter megang senjata di unity 5 gmn bang??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo nggak salah megangnya pake tangan, masa pake idung?

      Delete
  10. bang mau tanya,, unity biar bisa terhubung dengan MS SQL gimana ya?

    ReplyDelete
  11. nambahin ane baru aja pake versi 5.2 gan dan standard assetsny error harus download dari standard asset di bagian patch release,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, kirain saya aja yang gagal download. Ternyata kita senasib segagal download

      Delete