Tutorial Unity - Tips Game Android - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Monday 7 July 2014

Tutorial Unity - Tips Game Android

Halo kawan-kawan semuanya? Apa kabar? Sudah pada nge-like facebooknya Kiky Si Kancil? *gubrak!* Oke, hari ini gue nggak bakalan ngasih tutorial. Cuma mau ngasih info aja sedikit, berkaitan dengan masalah pilpres besok *hah?!* eh, salah. Bukan maksudnya, berkaitan dengan masalah android. Ehm. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sejak versi 4.3 Unity merilis lisensi untuk android secara FREE. Alias yang suka gretongan pun kini bisa bikin game buat mobile.

Permasalahannya adalah, masih banyak janda-janda kaya yang membutuhkan pertolongan... ehm, maksudnya adalah, masih banyak orang-orang yang kebingungan kenapa janda-janda kaya itu membutuhkan pertolongan? Bukankah mereka itu janda kaya? *hayoo, lo pasti nggak jeli bacanya ya? disangkanya gue nulis janda miskin kan? gue nulis janda kaya tuh. JANDA KAYA! Baca dong makanya baca yang bener!* Err.. ini sebenernya kita mau ngebahas masalah janda atau android? *gubrak!*

Kembali yang ke jalan yang benar. Banyak orang-orang yang belum tahu caranya publish ke android menggunakan Unity. Emang sih, menu untuk itu gampang banget di cari. Tinggal klik File -> Build Setting, pilih Android dan pilih Build.

Tetapi apakah membangun sebuah game android semudah itu? Hoo, tentu tidak sodara-sodara. Karena eh karena, ada 5 langkah yang harus anda lakukan sebelum anda bisa membuild yang namanya APK. Yuk, kita bahas sama-sama. *sama janda kaya nggak? eaaaa, di perpanjang....*

1. Pastikan anda sudah menginstall Android SDK terbaru
Gue nggak tahu pasti berapa versi SDK yang diperlukan, intinya adalah lo perlu ngeinstall dulu Android SDK. Terus lo pastiin itu Android SDK sudah kecantol dengan Unitynya dengan cara klik menu File -> Preferences dan klik External Tools.
 
2. Atur Icon utama dan nama game anda
Ini soal promosi. Jadi setiap lo bikin game seancur apa pun juga, tetap mesti di kasih nama. Misalnya: Game Ancur Gue Versi 1.00. Dan kasih logo yang menarik, dan... yah, ancur juga nggak apa-apa sih. Terserah lo aja. 
 
3. Atur Resolusi dan Presentasi game anda
Ini penting! Sehebat apa pun kemampuan programming anda, rasanya sulit untuk bisa membuat sebuah game yang bisa di presentasikan dalam gadget android secara sempurna. Maksudnya, gadget android tuh bisa diputer2 kan ya? Jadi bisa horizontal dan bisa vertikal. Unity memang mendukung AutoRotation, jadi game lo otomatis diputer kalo lo muter gadgetnya. TAPIIII gue sarankan, kalo lo emang mau bikin game lo auto rotation, pilih sepasang aja. Misalnya lo pengin bikin game horizontal ala angry bird, lo pilih auto rotation yang posisinya landscape kiri atau kanan. Atau lo pengin bikin vertical ala talking tom, ya lo pilih auto rotation yang posisinya portrait atas bawah. Ngerti nggak? Nggak ya? Ya udah gpp. Lo mendingan ngobrol sama janda kaya aja deh sono.
 
4. Atur Identifikasi game anda
Ini juga penting. Menurut pengalaman gue nge publish game android ke Play Store, ini akan menjadi landasan utama identitas versi game anda. Jadi yang Bundle Version Code itu adalah Primary Key di databasenya Play Store. Itu mesti beda, untuk setiap perubahan versi game. Misalnya, lo bikin game versi 1.00 ya tulis 1. Pas lo ngedit game lo dikit, dan pengin bikin versi 1.01 (yang ditulis di Bundle Version) ya nggak apa-apa. Tapi di Bundle Version Code lo tetep harus nulis 2. Jadi kesimpulannya, field Bundle Version Code adalah data untuk database, sedangkan Bundle Version adalah informasi untuk pengguna. Gitu.
 
5. Atur Keystore anda

Nah, ini dia yang penting. *loh? Bukannya yang tadi juga pada penting?* Iya, tapi ini penting banget pisan. Ini adalah kunci anda agar dikenali dengan baik oleh Play Store. Setahu gue, semua aplikasi yang mau dipajang di sana selalu perlu bin always keystore *barangkali*. Lo bikin aja satu kali, pake Create New Keystore, habis itu lo simpan di folder aman. Ntar2 pas lo mau publish game android lagi tinggal Use Existing Keystore. Udah deh. Nama lo akan tercatat dengan aman, hehehe.

Udah ah, segitu dulu infonya. Terima kasih atas perhatiannya dan ingat! Like Facebook Kiky Si Kancil ya. Gue sih nggak maksa, cuma memohon dengan ikhlas dan sukarela. Tapi kalo lo nggak mau nge like facebook Kiky Si Kancil, ya udah, gue nggak bakalan ngenalin lo sama janda-janda kaya yang tadi!!

8 comments:

  1. posting yg kren bingit .tambahin lagi materi yg lain y gan. like it.

    ReplyDelete
  2. ane doain ente segera dapet jodoh janda kaya..

    ReplyDelete
  3. ane doain ente segera dapet jodoh janda kaya..

    ReplyDelete
  4. Ane dah beli bukunya gan, eh..CDnya ilang T_T , ane lupa naruhnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beuuh, kok bisa ilang? Naruhnya di mana atuh gan? Inbox ajalah kalau gitu mah, nanti saya kasih link buat download source cdnya

      Delete
  5. ad materi buat canvas di unity 4.6 tdk gan? browsing2 d inet cmn blog agan ajah yg pling lenkap.

    ReplyDelete
  6. mau tanya gan cara ngatasin no android module loaded gimana ?
    jadi gak bisa build ke android gara2 gak ada module androidnya

    ReplyDelete