Tutorial Unity - Logika Game Musik - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Tuesday 23 September 2014

Tutorial Unity - Logika Game Musik

Halo semuanya apa kabar? Kali ini gue mau bikin tutorial simpel tentang interaksi karakter dengan objek yang ditanyain sama kang mics1510. Detail tentang pertanyaannya bisa dilihat di forum ini: http://unity3dindo.forumid.net/t124-game-musik-musik-bambu-please-help-tentang-interaksi-dengan-alat-musiknya-please#606 Langsung aja get started! Pertama-tama agan bikin scene kayak gini. Tempel Terrain, Skyboxes, Directional Light dan FPS Character Controller.


Habis itu tambahin sebuah Cube. Caranya klik menu GameObject -> 3D Object -> Cube. Buat yang make Unity 4.5-- menunya GameObject -> Create Other -> Cube kalao nggak salah.
Nah, sebuah Cube itu punya Collider (yang ijo-ijo), Collider ini yang akan dideteksi sebagai penanda tabrakan. Kita bikin Collidernya rada gede sedikir, agan masukin angka 2,2,2 aja di kolom Scale, biar keliatan kalao tabrakan itu SEBENERNYA adalah pengaruh dari COLLIDER (garis-garis kubus yang ijo-ijo_ dan bukan dari MESH (kotak yang putih)
Selanjutnya  tambahin Rigidbody di Cubenya, agan bisa klik tombol Add Component -> Physics -> Rigidbody atau bisa juga dari menu Component-> Physics -> Rigidbody.

Next adalah agan tambahin Tag "Kotak" ke Cube. Caranya klik aja combobox Tag di pojok kanan atas layar. K.alo Tagnya belum ada ya tambahin dulu aja dengan klik Add Tag.

Habis itu agan tambahin Audio Source dengan cara klik  tombol Add Component -> Audio -> Audio Source atau dari menu Component -> Audio -> Audio Source.

Masukin suara ke kotak input Audio Clip (pake browse), kalo suaranya belum ada ya masukin dulu dari panel Assets, atau ditarik langsung dari Windows Explorer. Terus HAPUS CENTANG pada checkbox Play On Awake. Soalnya kalau ini dicentang, ntar suaranya langsung nongol pas game baru dijalanin.

Selanjutnya adalah bikin sebuah Script C#. Klik kanan aja di Panel Asstes terus pilih Create -> C# Script, kasih nama CekNada (terserah aja namanya mah).
Agan ketik deh Script di bawah ini:

1:  using UnityEngine;  
2:  using System.Collections;  
3:  public class CekNada : MonoBehaviour {  
4:       public GameObject Target1;  
5:       public KeyCode Key1;  
6:       bool isHitTarget1;  
7:       // Use this for initialization  
8:       void Start () {  
9:            isHitTarget1 = false;  
10:       }  
11:       // Update is called once per frame  
12:       void Update () {  
13:            if (isHitTarget1){  
14:                 Target1.gameObject.transform.Rotate(0,1,0);  
15:                 if (Input.GetKeyUp(Key1)){  
16:                      Target1.audio.Play();  
17:                 }  
18:            }       
19:            if (Input.GetKeyUp(KeyCode.Escape)){  
20:                 Target1.audio.Play();  
21:            }  
22:       }  
23:       void OnControllerColliderHit(ControllerColliderHit Hit){  
24:            if (Hit.gameObject.tag == "Kotak"){  
25:                 isHitTarget1 = true;  
26:            }  
27:       }  
28:  }  

Habis itu tarik aja Scriptnya ke FPS. INGAT! TARIK SCRIPTNYA KE FPS CONTROLLER. Terus isi beberapa public variabel berikut. Khusus untuk Target1 di isi dengan Cube yang akan "kita tabrak"
Selanjutnya tinggal di Play aja. Agan coba deh deketin itu kubusnya, kalao kubusnya muter2 berari agan udah nabrak tuh. Terus pencet deh tombolnya, pasti suaranya keluar. Asyik kan? Ada yang mau ditanyain? Kenapa masih jauh tapi bisa nabrak? .... agan dari baca artikel gue atau melototin Kiky Si Kancil sebenernya? Kan gue udah tadi bilang, TABRAKAN ITU EPEK DARI COLLIDER, BUKAN DARI MESH!! EPEK GAN, EPEK! (PAKE P, BUKAN F).
Jadi kalo di game-game agan biasa suka nabrak tembok dan ga bisa lewat, itu sebenernya Collidernya PAS SEGEDE Tembok. Jadi agan BUKAN nabrak Tembok tapi nabrak COLLIDER di deket tembok. Ngerti nggak? *Nggaaaaak?* Tutup ajalah browsernya! Eit, tapi sebelum ditutup, jangan lupa, Like dulu dong Fan Page Kiky Si Kancil. Tuh yang nangkring di sebelah kanan blog ini *eaaaa, ngasih tutorial ujung-ujungnya modus!*

Pokoknya terima kasih banyak udah pada mampir di blog geje ini, dukung Kiky Si Kancil menjadi salah satu IP dan brand nasional Indonesia, dan sampai jumpa lagi di tutorial selanjutnya.

3 comments:

  1. maaf gan mw nanya nih, sya udh melakukan langkah-langkahny tp tetep aj ga muncul suara ny, dan juga dr tagnya sampai scriptny udh di cek dan ga ad yg salah, mohon bantuanny gan

    ReplyDelete
  2. Coba aja kirim ke facebook saya beberapa biji screenshotnya. Ntar saya cek, thanks

    ReplyDelete
  3. eh udh bener gan hehehe, ternyta tag ny yg pertama gw ksh "KOTAK" makanya ga ke detec, nah kan di situ yg kedetect "Kotak" hehehe

    ReplyDelete