Best Seller - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Tuesday 24 March 2015

Best Seller



Alhamdulillah, buku Unity bisa nangkring juga di rak Best Seller. Seingat saya, saya menulis buku ini di akhir Desember 2013 dan dikirimkan ke penerbit sekitar Maret 2014. Setelah diterima, tidak langsung di cetak, karena penerbit meminta tambahan materi khususnya yang berkaitan dengan android + Augmented Reality yang materinya justru saya pelajari dari mahasiswa saya yang keren-keren (salut untuk Husni Mubarak, Arif Aridho dan Erik Gunawan). Akhirnya, buku ini terbit pertama kali Juli 2014 dan telah berada di seluruh Indonesia sampai sekarang.


Pembahasan dalam buku menggunakan Unity versi 4.3 yang SANGAT BARU pada saat itu. Tapi sekarang, saat tulisan ini diposting, Unity sudah mencapai versi 5.0 yang tentunya lebih canggih dan memiliki berbagai fitur baru. Besar kemungkinan saya akan mencoba merilis sequel dari buku ini, dan berharap semoga "adik" dari buku ini bisa sesukses "kakak" nya. Terima kasih banyak atas semua dukungannya.

11 comments:

  1. Maaf Gan Mau Nanya, Saya masih pemula dalam penguasaan script Unity, adakah buku Unity yang disitu ada kumpulan script per kata di jelaskan, kek misal C++, kata 1 : Cout : untuk output, cin : untuk input.

    Tapi untuk bahasa C# Unity. Thanks.

    ReplyDelete
  2. Sebenarnya hal2 teknis itu bebannya lebih ke arah bahasa C# dan bukan Unity. Ingat! Unity itu bukan bahasa pemrograman tetapi game engine yang menyatukan ide (game, presentasi, aplikasi), asset (photoshop, blender, 3dmax) dan programming (C#, boo) Jadi kalau mau tau lebih dalam soal C#, saya sarankan sih lebih baik belajar saja dulu bahasa pemrograman C#. Baru setelah itu belajar class-class pada Unity yang menggunakan C#. Semoga membantu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf rickman, tapi saya beli buku ini dan ternyata CD nya hilang, nah kan ada Kancil.blend, tolong di berikan link download dong soalnya tidak ada di tutorial file diatas, trims

      Delete
  3. gan mau nanya, saya udah import package yg tutorial 6 kan biasanya kalo udah di import terus masukin prefabnya di scene terus klik play biasanya kan langsung bisa ya, ini kok saya play gamenya gak bisa ya? help mas helpp ><

    ReplyDelete
  4. di tunggu buku ke duanya mang rickman...klo bisa di buku keduanya ngbahas unity 5 yach...sukses selalu

    ReplyDelete
  5. mas plajarin unreal tru bagiin ilmunya dong, unreal kan grtis tuh, trus klo bsa di bukuin jga :3, ane kmren dah beli buku yg 4.3 :3

    ReplyDelete
  6. bang ini aku mau nanya, di bukumu kan dijelasin cara buat splash screen sama game menu, nah i=di buku kan make unity 4.3, sementara di unity 5 ga ada fitur GUI texture. Nah ini gimana bang? ada cara lain ga biar bs bkin splash screen ama game menunya selain make GUI texture? maaf saya blum prnh nyobain main unity soalnya alias newbie tingkat dewa hehe. Ditunggu jg buku tutorial make unity 5 ^^

    ReplyDelete
  7. Di tangerang dan jakarta di mall mana ya mas? Saya cari udah 1 tahun gak ketemu X_X tolong mas saya masih termasuk kecil dan pgnbgt buku unity dan pemrogramanya

    ReplyDelete
  8. Permisi, saya mau beli tpi d gramedia daerah sya ga ada ....
    Kalau mau psen kmn ya ?

    ReplyDelete
  9. Mau tanya gan, tolong dibantu,
    ane kan punya asset dari blender , gedung kuliah, nah rencana mau buat karakter bisa jalan dan naek tangga di gedung itu, bagaimana cara buatnya di unity? dan asset apa yang dibutuhin, kalau ada contoh projectnya hehe, atau scriptnya gimna?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanyanya jangan susah-susah dong mas, saya bingung nih jawabnya, hehehe. Intinya karakter itu akan berjalan/menabrak/naik/kejedug atau apa pun namanya ketika collider karakter menyentuh collider benda. Dan MESH (yang asset bejibun barusan), nggak ada hubungannya dengan collision. Itu cuma tampilan visual untuk MANUSIA, sementara proses 'kejedug' yang dikenali oleh Unity menggunakan collider. Nah, bingung kan? Teorinya aja udah bikin bingung apalagi scriptya, hahaha. Kalau sempet saya bikin contoh tutorialnya deh. Ini pertanyaan yang bagus soalnya.

      Delete