Perbedaan PPC, CPC, CPA, CPM - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Thursday 6 October 2016

Perbedaan PPC, CPC, CPA, CPM



Hari ini gue bakal ngeposting artikel pendek soal perbedaan PPC, CPC, CPA dan CPM. Berbagai istilah tersebut kedengarannya emang mirip-mirip tapi sebenarnya nggak sama.
Ngomong-ngomong kenapa hal ini jadi penting?
Karena istilah ini merupakan kunci utama bagi lo-lo semua untuk bisa sukses dalam menjalankan bisnis internet marketing, khusus program periklanan kayak Adsense, Chitika dan sebagainya.
Nah, sebelum membahas tentang perbedaan PPC, CPC, CPA dan CPM gue mau jelasin dulu 2 istilah yang wajib dalam dunia internet marketing. Yaitu Publisher dan Advertiser.

Publisher

Yaitu perorangan atau kelompok yang memiliki website dan ingin websitenya dipasangi oleh iklan. Supaya apa? Supaya dapat duit lah. Jadi kalau lo semua termasuk orang-orang yang ingin mendapatkan uang dari website, sangat besar kemungkinan elo yang disebut dengan Sang Publisher. Keren kan?

Advertiser

Ini adalah kebalikannya. Yaitu orang atau kelompok yang mencari website yang memiliki traffik tinggi untuk dipasangi iklan. Tujuannya? Supaya produknya laku dan bisa mendapatkan uang dari transaksi penjualan atau lainnya. Advertiser inilah yang membayar si Publisher. Dan gue yakin 99% bahwa lo semua yang membaca artikel ini pasti nggak berniat jadi Advertiser jadi cuekin sajalah, yang penting udah tahu istilahnya.

Nah, sekarang kita masuk ke beberapa istilah utama.

PPC = Paid Per Click

Dari terjemahannya saja sudah jelas banget kalau PPC  itu artinya kita akan dibayar kalau ada seseorang yang mengklik iklan pada website kita. Kita? Iya deh, website lo. Pokoknya kalau ada sebuah website yang dipasangi iklan dari program periklanan terus iklannya di-klik... Ting Tong! Selamat! Lo baru saja mendapatkan dollar! Recehan sih, tapi tetap saja dollar.
Program periklanan PPC yang paling terkenal dan terbesar saat ini masih Google Adsense. Sedangkan yang versi lokal mungkin adalah KumpulBlogger.com

CPC = Cost Per Click

Nah, kalao CPC ini sangat bersesuaian dengan PPC. Artinya, nilai "recehan" yang lo dapetin dari program PPC per kliknya adalah CPC. Dan nilai ini sangat tergantung dari advertisernya bukan pada program periklanannya.

Jadi kalau ada yang bilang kalau Google Adsense memiliki CPC yang tinggi sebenarnya agak kurang tepat. Yang lebih tepat mungkin, para advertiser yang memasang iklan mereka di Google Adsense memasang nilai CPC yang lebih tinggi dari program periklanan lain.
Karena pada beberapa kasus, boleh jadi ada nilai CPC yang lebih tinggi dari Google Adsense. Semua tergantung dari advertisernya.

CPA = Cost Per Action

Kalau yang ini sedikit agak unik. Secara konsep mirip dengan PPC bedanya, kita baru dibayar kalau pengunjung telah melakukan sebuah action terhadap iklan yang dikliknya. Bisa itu sign up, isi survey atau membeli barang pada situs tersebut.
Istilah ini bersesuaian dengan Affiliate Marketing. Jadi kalau mau disederhanakan, CPA adalah nilai nominal yang ditawarkan oleh sebuah situs yang menawarkan  skema Affiliate Marketing.

CPM = Cost Per Million

Dari terjemahannya bisa ditebak kalau CPM adalah bentuk advertise yang berhubungan dengan nilai million alias 1000. Artinya? Lo baru dibayar jika iklan sang advertiser telah tayang setiap 1000 kali pada website.

Menurut gue, skema ini menjadi jauh lebih menarik daripada skema PPC. Terutama untuk website yang memiliki jumlah page view tinggi. Kenapa? Karena kemungkinan terjadinya PPC itu kecil. Lagian pengunjung datang ke situs kan tujuannya untuk membaca artikel dan bukan untuk mengklik iklan.

Oke, sekian dulu artikel gue hari ini. Mudah-mudahan udah nggak pada bingung lagi soal perbedaan PPC, CPC, CPA dan CPM ya. See you again folks!

No comments:

Post a Comment