Pastikan anda telah mendownload Counstruct2 (versi Free) dan menjalankannya.
1. Membuat objek dalam Construct 2
Pertama klik kanan pada mouse anda, lalu pilih, insert new object.
Setelah itu tampilan akan terlihat seperti gambar disamping, jika anda ingin berkreaasi sesuai apa yang anda inginkan, maka klik sprite
Setelah itu layar pembuatan objek akan tersedua, gunakan tools tools yang sudah tersedia dalam layar.
Jika anda ingin menambahkan objek lainnya dalam layar kerja anda, maka ikuti langkah – langkah seperti sebelumnya.
2. Membuat objek dapat bergerak
Pertama klik lah objek yang akan kita gerakan, lalu muncul layar properties, maka pilih behaviour
Setelah itu tambahkan behavior dengan memilih tanda plus, masukan behavior “platform”.
Juga klik objek jalan, dan tambahkan behavior solid, agar object mushroom tidak terjatuh dan keluar zona layar. berguna untuk menjadi pijakan musroom .
Setelah itu jalankan objek dengan mengklik symbol player yg berada pada menu bar.
Maka objek telah bisa bergerak dalam browser anda.
3. Membuat objek meloncat
Pertama buatlah pijakan menggantung seperti gambar disamping. Dengan copy-paste objek tembok yang sudah ada, maka behaviour tembok yang solid sudah otomatis tercopy.
Lalu klik objek mushroom dan tambahkan behaviour dengan mengklik simbol plus.
Lalu tambahkan behaviour jump thrue maka objek bisa meloncat.
Terlihat objek yang bisa meloncat pada pijakan menggantung.
4. Membuat pijakan bergerak
Pertama buatlah layar kerja seperti gambar disampin, yang terdiri dari berbagai tantangan untuk mushrom, seperti tembok tembok yang tinggi.
Lalu pijakan yang akan kita gerakan yang nantinya untuk meloncat dari pijakan satu ke pijakan ke dua, dengan menambahkan behaviour dengan memilih sine
Lalu untuk movement nya jika anda ingin menggerakan pijakan ke atas dan ke bawah maka ganti dengan vertical, di menu properties.
Maka pijakan pun bisa bergerak ke atas dan ke bawah.
5. Membuat objek bisa menembak
Pertama buatlah sebuh tembakan, di dalam insert new objek lalu pilih sprite, dan tempatkan di luar layout .
Lalu tambahkan behaviour bullet pada tembakan tersebut.
Setelah itu tambahkan input keyboard pada layout. Di insert new object lalu piih keyboard. Pindah ke dalam layer event sheet, dan jlik add event.
Lalu pilih simbol keyboard
Tambahkan event on key pressed.
Lalu tekan space, berguna untuk tombol mana yang nanti digunakan untuk menembak.
Lalu add klik action dan pilih, musroom (atau objek yang nanti mengeluarkan tembakan ).
Pilih spawn another objek
Lalu pilih objek tembakan.
Jalankan game anda dan tekan spasi maka objek telah bisa menembak.
No comments:
Post a Comment