Tutorial Unity - Hello World 02 - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Tuesday 13 November 2012

Tutorial Unity - Hello World 02



Setelah selesai bikin tampilan pertama, langkah selanjutnya adalah ngewarnain terrain. Ya iyalah, masa terrainnya kosongan gitu. Garing banget ga sih? Di Unity, ngewarnain terrain tuh gampang banget tahu nggak. Segampang mengupil dengan jempol kaki. Err.., sebenernya sih, lebih susah ngupil dengan jempol kaki daripada ngewarnain di Unity, hehehe. Buat ngewarnain terrain, pertama-tama lo PERLU ASSET yang  berisi gambar2. Kalo ga punya, tenang aja, Unity udah sediain secara default. Untuk manggilnya: KLIK KANAN DI PANEL PROJECT, dan pilih IMPORT PACKAGE dan pilih TERRAIN ASSETS. Lo pasti bakalan lihat jendela kayak gini. Klik Import aja langsung!

Selanjutnya adalah proses mewarnain. Lo lihat tuh gambarnya di bawah. Gue kasih nomor-nomor biar gampang ngikutinnya.

1. Pilih dulu Terrainnya di panel hierarchy
2. Pilih tombol keempat dari kiri, yang gambarnya kuas
3. Pilih edit Texture, trus Add Texture
4. Klik tombol bulet kecil yang ada di sebelah kanan
5. Pilih gambar tekstur yang disediain
6. Klik Add
7. Sim Sala Bim
And just like magic, terrain lo yang kosong akan menjadi bewarna. Eit, tapi ini belum selesai. Masih ada tahap lanjutan. Kita masih bisa menghiasi terrain dengan gunung2an. Serius looh? Demi apa?

1. Klik tombol ke-2, yang ada gambar gunung
2. Pilih jenis brush (kayak mo ngecat di photoshop)
3. Klik di salah satu titik terrain, dan drag mousenya. Walaaaw! Terrainnya jadi naik. Kayak gunung!!
Mantep banget kan?
Dan langkah selanjutnya adalah lo boleh klik tab Game, dan lihat hasilnya secara real-time. Amazing huh?

  Gue pernah bikin ginian pake Delphi + TrueVision, dan kalao boleh gue bilang, Unity is sooo faaar superior at this terrain making!!Dulu gue mau coba bikin terrain kayak gini doang butuh waktu 3 Minggu! Bayangin coba! Bayangin coba! Karena sekarang udah ada Unity ya ga perlu di bayangin. Tinggal di coba aja. Oke?

1 comment:

  1. bro thanks banget tutorialnya, berhubung ane lagi buat proyek game juga nih :D

    ReplyDelete