Tutorial Unity - Hello World 03 - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Tuesday 13 November 2012

Tutorial Unity - Hello World 03


Terrain ada, udah diwarnain pula. Camera ada, bisa gerak-gerak pula. Gunung ada, gede pula. Nah, yang masih belum ada, adalah pohon! Bener banget sodara2! Nggak afdol kayaknya gunung tanpa pohon. Ibarat semur tanpa jengkol. Loh?
Untuk bikin pohon, gini caranya:

1. Klik terrain di panel hierarchy (tuh, ga ada kan nomor 1-nya, iya karena ketutup. Males gue ngeditnya, hehehe)
2. Pilih tombol ke 5, pokoknya yang gambar pohon
3. Klik Edit Texture, pilih Add Texture, dan klik lingkaran kecil di pojok kanan
4. Pilih deh pohon yang ada.
Unity secara default cuman ngasih 1 biji pohon palm. Buat contoh doang sih.

Habis gitu, hasilnya akan tampak seperti berikut:
Tinggal klak-klik doang, pohon bakalan tumbuh di mana-mana. Subur deh dunia, hehehe. Cara yang sama berlaku juga kalao lo mau tanam rumput. Tombolnya yang kanan sebelah pohon.
Nah, jadi deh game 3D pertama lo. Eh, bentar kayaknya masih ada yang kurang deh. Apa ya? Oooh, iya Skybox. Lo sadar ga langitnya rada2 biru2 gelap ga jelas gitu? Karena emang belum dipasang Skybox. Apa itu skyboy? Sky = langit. Box = Tinju. Jadi Skybox = langit yang bisa tinju (iya gue tahu ini ga lucu, tapi gapapa dong, namanya juga usaha. masa bikin tutorial kudu serius terus?)
Secara default Unity juga udah nyedian Skybox kok. Lo tinggal import doang. Caranya: KLIK KANAN DI PANEL PROJECT, pilih IMPORT PACKAGE, dan pilih SKYBOXES. Import aja. 
Selesai di import lo masuk ke menu EDIT -> RENDER SETING (buat yang ga tahu menu EDIT itu apaan, itu di pojok kiri atas sebelah menu FILE kan ada tulisannya EDIT tuh, itu yang di klik, matanya jangan liat ke yang lain-lain). Terus di sana, pilih Skybox material, klik tombol bulet kecil dan akan tampil jendela itu dan pilih salah satu skybox! Coba deh lo run. Gimana? Keren kan?
Hmmm, lagi-lagi gue ngerasa ada yang kurang. Apa ya? Oooh, LIGHT! Ya, bener2. Pantesan berasa gelap. Lo mesti masukin light juga, sebagai 'matahari' nya di Unity. Caranya gampang banget. Klik menu GAME OBJECT --> CREATE OTHER --> DIRECTIONAL LIGHT. (Buat yang ga tahu menu GameObject di mana, ampuuun, goblok banget sih lo. Menu GameObject itu ada sebelah kanannya menu ASSET. Ga tahu lagi menu ASSET ada di mana? Itu ada di sebelah kanannya menu EDIT. Ga tahu lagi menu EDIT ada di mana?  Udah mendingan lo mati aja sono!!)
Ehm, gue bikin tutorial kok jadi kebawa emosi gini, hehehe. Maklum, lagi tanggal tua. Nah, kalau light udah masuk, lo bisa puter2 arah light pake directional button di pojok kiri atas. Yang bentuknya kek gini nih: 
Habis gitu ayo coba di BUILD. Ya, setelah semua scene jadi bisa kita build menjadi exe/web. (untuk versi berbayar pilihannya malah ada lebih banyak lagi). Caranya klik menu FILE -> BUILD SETTING (Buat yang ga tahu menu FILE tuh ada di mana... pada tahu semua kan? ) bakalan muncul jendela kek gini: 

Klik aja Build & Run, dan lo bakalan lihat hasilnya dengan bangga dan sentosa tentunya, hahaha. Karena hanya dalam hitungan detik lo udah bikin aplikasi 3D cupu. Inilah dia Hello World versi Unity folks! Sampai ketemu lagi di tutorial yang lain.

3 comments:

  1. kalo menurut ane itu lebih mirip peta yang ada di jurrasic park operation genesis

    ReplyDelete
  2. bang blh minta email nya ? biar bsa ngobrol tentang unity lebih bnyk :D

    ifonya mantabb

    me:roketrafinda@gmail.com

    ReplyDelete
  3. lanjutin lagi dong tutorial lainnya gan.. hehe.. semangat~!

    ReplyDelete