Tutorial Unity Ala Kancil - Membuat Game Lengkap (Episode 4: First Kancil Runner) - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Sunday 3 March 2013

Tutorial Unity Ala Kancil - Membuat Game Lengkap (Episode 4: First Kancil Runner)


Sebenernya gue udah pernah bilang kalau tutorial membuat Game Lengkap ini nggak bakalan gue terusin lagi karena sourcenya hilang. Namun atas permintaan mas Andhika Rizky, salah satu fans setia gue yang berasal nun jauh di Sumatera sana *sumpah terharu gue*, gue akan coba melanjutkan kembali episode Game Lengkap ini sampai tuntas. Makasih banyak mas udah mampir ke blog gue yang emang keren ini. *hehehe*


Gue coba review dikit soal serial Membuat Game Lengkap ini. Pertama kita udah pernah bikin Splash Screen dan Game Menu. Bener nggak? Selanjutnya adalah membuat game utamanya. Dalam serial tutorial *yang udah mandeg selama satu tahun ini* gue akan coba bikin game Kiky Si Kancil Runner. Geje sih, tapi pokoknya udah layak disebut sebagai game deh. Daripada nggak sama sekali.

Oke, langsung aja. Dari project yang sebelumnya, kalau masih ada *karena punya gue mah udah hilang*, agan bikin deh new scene.

Habis itu bikin Terrain baru dengan cara klik menu GameObject -> Create Other -> Terrain


Udah muncul terrainnya? Yang warnanya abu-abu tuh? Nah, habis itu kita impor package Terrain Assets untuk mempercantik terrainnya. Klik kanan aja di panel Assets, trus pilih Import Package -> Terrain Assets. Ntar ada kotak dialog tuh? Klik Import!


Selanjutnya agan klik Terrainnya, klik tombol bulet, browse, muncul dialog paling kiri, pilih Select (tombol kecil), muncul lagi dialog, pilih Grass, klik Add. Ngerti nggak? Nggak ya? Liat gambarnya aja kalo gitu.


Oke. Next nya adalah kasih "matahari" biar terang. Klik GameObject -> Create Other dan pilih Directional Light.

Selanjutnya lagi,tambahin asset Skyboxes. Caranya? Sama kayak nambahin Terrain Assets.


Skyboxes ini buat nambahin langit. Kalau agan udah nambahin Skyboxes, klik aja menu Edit -> Render Setting, pilih browse deket Skyboxes Material dan pilih yang biru-biru indah sebiru hatiku itu. Sip! :)


Teruuuuus. Selanjutnya adalah agan tambahin package Character Controller. Caranya masih sama, klik kanan di panel Assets, Import Package cari aja Character Controller.


Nanti kalau udah bakalan ada folder baru tuh. Agan tarik aja si First Person Controller ke Scene dan pastiin dia kagak nyungsep di tanah. Lihat gambar deh.


Kalau udah, coba di Play, tes run. Pencet kiri-kanan-atas-bawa-spasi. Kalau agan udah bisa gerak kiri kanan dan loncat-loncat kayak kucing sarap, berarti agan udah bener.


Selanjutnya, agan tambahin deh FBX Kiky Si Kancil High-Poly bikinannya mas M. Arif Aridho. Agan bisa download gratis di sini: http://www.mediafire.com/download/v26o57454gm72xy/KikySiKancil.rar.

Caranya masukin file itu ke Unity gampang banget, habis agan ekstrak rar-nya, agan buka windows explorer, tarik aja file FBX (mesh) sama PNG (texture) nya. Drop-Drag doang. Gampang.


Habis itu agan tarik Kiky Si Kancil ke Scene. Biasanya yang muncul putih, karena texturenya emang nggak nyatu. Tinggal klik aja Kiky di Scene sampai High-Polynya keliatan terus tarik deh Texturenya. Thats it


Selanjutnya adalah agan tarik Kiky si Kancil menjadi bagian dari First Person Shooter. Istilah kerennya jadi childnya. Drag aja langsung dari tab Hierarchy.


Jangan lupa, ganti dulu posisinya Kiky Si Kancil menjadi (0,0,0) buat ngepasin dengan titik awal si FPS. Habis itu, nah ini bagian yang gue bingung ngejelasinnya, hehehe. Intinya sih, agan coba atur Kiky Si Kancil, ukuran dan posisinya tepat persis di depan kamera si FPS.


Di scale, di geser-geser, pokoknya terserah agan deh pokoknya sampai jadi kayak begini. Pokoknya tampilan awal di kamera previewnya udah pas banget berada di belakang kepalanya Kiky Si Kancil.


Kalau udah begitu, coba di tes lagi dan di jalanin. Ngerti maksudnya kan? Ya, ini adalah tahap awal bikin First Person Sho... err, mungkin yang bener adalah First Kancil Runner. Secara jagoan utamanya Kancil gitu loh, bukan person. Udah ah, segini dulu. Ntar gue lanjut lagi untuk episode selanjutnya.

No comments:

Post a Comment