Tutorial Unity - Multi Kamera - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Friday 29 August 2014

Tutorial Unity - Multi Kamera

Halo sobat, Unity! Apa kabar? Sudah pada beli buku saya *eaaa, langsung promosi* buat yang belum nggak apa-apa. Stok masih banyak dan buku saya itu kini *mudah-mudahan* sudah tersedia di SELURUH INDONESIA *namanya juga mudah-mudahan* kalo di toko-toko buku terdekat di kota anda belum tersedia, yaaah, mungkin anda kurang beruntung. Coba aja kontak langsung http://katalogbiobses.com/ dan pesen online saja ya, hehehe *ongkos kirim di tanggung sendiri*
 Nah, hari ini gue mau bikin sebuah tutorial sederhana berdasarkan pertanyaan Mr. Holmes di http://unity3dindo.forumid.net/t120-multi-kamera Seriusan nih, namanya Mr. Holmes kayaknya dia masih ada hubungan dengan dr. Watson. Bekas pasiennya mungkin? Anyway, gimana caranya bikin multi kamera di Unity? Maksudnya mungkin dalam Scene ada beberapa kamera, ada seperti tampilan kecil kaca spion dan sebagainya. So, gue bakalan bikin tutor singkatnya aja ya. 


Pertama-tama agan bikin dulu lah sebuah script lengkap dengan Light, Terrain, Skybox, dan Character Controller. Buat yang lupa bikin scene standar ini, monggo langsung cek lagi tutorial gue yang ini: http://blogtutorial-unity.blogspot.com/2014/06/tutorial-unity-game-lari-sampe-capek.html Cuma untuk bagian setting scripnya doang loh ya, nggak perlu sampai scriptnya. Minimal scene agan tampilannya udah kayak gini:

Habis itu tambahin 3 kamera sebagai berikut. Klik menu GameObject -> Create Other -> Camera

Jangan lupa agan kasih nama kamernya biar nggak lupa. Nih kayak gue. Namanya kamera1, kamera2, dan kamera3. Gitu.

Terus masukin tuh kamera sebagai child dari si Constrructor. Supaya apa? Supaya kameranya ikut gerak kalao si Constrructor gerak meski tanpa script. Caranya? Drag aja langsung!

Biasanya sih, untuk 1 scene Unity cuma boleh ada 1 audio listener. Jadi agan hapus aja yang ada di 3 kamera itu. Remove aja komponennya. Kayak gini nih:

Habis itu agan atur-atur posisi kameranya sesuka agan. Mau lihat kiri kanan atas bawah depan belakang terserah. Atur-atur pake gizmo, geser, rotate, bla-bla. Suka-suka aja deh.

Selesai! Terus jalanin deh. TADA.... loh? Kok kameranya masih satu ya? Kenapa ya?


Oalah, lupa. Setiap kamera itu mesti di atur dulu berapa ukurannya di Scene. Kita coba atur kayak gini. Nilai 0 dan 1 menunjukkan minimal dan maksimal layar. Jadi kalau 0 sampai 0.5 artinya kamera itu gedenya bakalan setengah dari layar (entah width/height). Rencananya kita akan buat scene kita punya 1 kamera besar dan 3 layar kamera yang berbeda-beda. Jadi gue set kayak begini. Ok!

Langsung jalanin lagi, dan TADA.... loh? Kok kameranya masih satu sih? Bener-baner aneh!

Oalah, lupa. *dari tadi lupa-lupa terus. ini sebenernya gue niat sih nggak sih bikin tutorial?* Setiap kamera itu ada urutan layernya. Kalau yang kamera paling gede di urutan paling depan yang ga bakalan keliatan lah. Ketutup. Coba semua depthnya di atur jadi 1. *anggap aja depth = layer kalo di potosop*

Coba jalanin lagi, dan... Alhamdulillah, akhirnya bisa TADA juga! Hehehe.

Oke, sekian dulu tutorial dari gue. Kalo agan suka, jangan lupa, LIKE fans page Kiky Si Kancil oke. Tuh, ada linknya di sebelah kanan blog gue. Ngomong-ngomong, buku Unity gue yang baru terbit isinya keren loh. Udah pada beli kan? *eaaa, promosi geje lagi!*



No comments:

Post a Comment