Tutorial Unity - Membuat Game Lengkap (Part 5) - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Thursday 29 January 2015

Tutorial Unity - Membuat Game Lengkap (Part 5)

Halo semuanya? Apa kabar lagi? Menyambung tutorial sebelumnya kali ini kita akan membuat game kemarin menjadi sedikit lebih kompleks. Bagi yang baru bergabung silahkan ingat-ingat lagi tutorial sebelumnya di sini: Tutorial 4. Kali ini kita akan menambah atribut Waktu untuk membuat gamenya sedikit lebih seru. Langkah pertama adalah tambahkan satu buah text baru untuk Timer.

Terus tambah lagi untuk tulisan Menang-Kalah.

Selanjutnya pasang RigidBody ke Cube yang akan dijadikan "koin-koinan"

Biar gamenya makin asoy geboy, tambah material Kiky Si Kancil.

Caranya? Tinggal tarik aja gambar itu dari Windows Explorer dan pasang langsung di Cube. Cubenya jadi unyu kan?

Terus habis itu, bikin si Cube itu jadi Prefab (tinggal tarik dari GameObjectnya dari Panel Hierarchy ke Panel Assets)

Terus bikin Cube kayak gitu 3 kali (Kebalikannya, tarik Prefab Cube ke Scene).

Oke! Selanjutnya bikin script WinOrLose dan ketikin Script berikut:
 using UnityEngine;  
 using System.Collections;  
 using UnityEngine.UI;  
 public class WinOrLose : MonoBehaviour {  
      public Text TimerText;  
      public Text WinLose;  
      int MaxTime = 10;  
      // Use this for initialization  
      void Start () {  
           TimerText.text = "10";  
           WinLose.text = "";  
           InvokeRepeating("ShowTime",1,1);       
      }  
      // Update is called once per frame  
      void Update () {  
           if (GetComponent<GameManager>().ScoreValue == 3){  
                WinLose.text = "MEUNANG!";  
                CancelInvoke("ShowTime");  
           } else if (MaxTime == 0){  
                WinLose.text = "ELEH!";  
                CancelInvoke("ShowTime");  
           }  
      }  
      void ShowTime () {  
           MaxTime -= 1;  
           TimerText.text = MaxTime.ToString();  
      }  
 }  

Pasang di Scriptnya di First Person Controller dan pasang textnya. Udah pada ngerti lah ya text mana aja yang mesti di pasang kemana kan?

Daaaan... tinggal tes aja. Klik Play dan mainkaaan!!

Ngerasa gamenya terlalu mudah? Kenapa nggak coba tambahin beberapa cube/sphere/silinder yang juga sudah dipasangi oleh Rigidbody.

Tes aja sendiri. Bisa nggak agan dalam 10 detik ngumpulin semua Cube Kiky Si Kancil?

Catatan Si Kancil: Butuh waktu lebih dari 10 detik untuk menghasilkan postingan ini, tapi cuma butuh waktu kurang dari 10 detik untuk nge-Like Kiky Si Kancil. 

Kiky Si Kancil? Gokil!

1 comment:

  1. mas saya mau tanya, saya lagi nyoba bikin game 2d. gimana caranya camera ngikutin pergerakan pemain bergerak ke kanan dan kekiri. soalnya saya gerakin objek ke kanan cameranya ga ikutin jadinya objeknya jalan aja udah camera tetep diem. terima kasih mas sebelumnya. saya salah satu fans mas hahaha

    ReplyDelete