Atur posisi Text di sebelah kiri Canvas kayak gini nih. Soal font, warna dan dll, agan atur sendiri ya? Pasti udah pada bisa kan?
Habis itu bikin Tag baru untuk Cube agar dapat dikenali oleh Player. Misalnya, Cube. Ngarang juga nggak apa-apa sih.
Dan selanjutnya adalah... It's Ngoding Time. Bikin Script baru namanya GameManager.cs dan ketikin saja script berikut:
using UnityEngine;
using System.Collections;
using UnityEngine.UI;
public class GameManager : MonoBehaviour {
public Text ScoreText;
public int ScoreValue = 0;
// Use this for initialization
void Start () {
}
// Update is called once per frame
void Update () {
ScoreText.text = "SCORE "+ScoreValue.ToString();
}
void AddScore(){
ScoreValue += 1;
}
void OnControllerColliderHit(ControllerColliderHit hit){
if (hit.gameObject.tag == "Cube"){
AddScore();
Destroy(hit.gameObject);
}
}
}
Pasang Script ini di First Person Controller dan tarik object Text sebagai parameternya. Tuh, lihat tuh kayak di gambar.
Habis gitu? Selesai. Coba tes deh gamenya. Kalau agan ngerjainnya bener, seharusnya karakter pada saat nabrak Cube maka Score akan nambah 1 dan Cube akan hilang. Betul? Betul? Betul?
Sampai sini seharusnya agan-agan sudah bisa dapat gambaran kira-kira game kayak apa yang bisa dibikin dengan tutorial ini kan? Dalam membuat game Imajinasi dan Teknik itu adalah 9:1 jadi yang penting bukan codingnya, tapi imajinasinya. Dengan coding2 yang sederhana, kalao imajinasinya keren bisa bikin game yang keren juga loh! Ciuuus!!
Catatan Si Kancil: Butuh waktu lebih dari 10 detik untuk menghasilkan postingan ini, tapi cuma butuh waktu kurang dari 10 detik untuk nge-Like Kiky Si Kancil.
No comments:
Post a Comment