Cara Membuat Mekanisme Musuh Dengan Construct2 - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Friday 3 February 2017

Cara Membuat Mekanisme Musuh Dengan Construct2



Dalam postingan ini saya akan membahas mengenai mekanisme musuh sederhana. Terdapat 3 mekanisme utama yang akan dibahas, yaitu 1) mekanisme musuh bergerak bolak-balik, 2) mekanisme player kalah saat menabrak musuh dari samping, dan 3) mekanisme musuh kalah saat diinjak oleh player dari atas.

cara membuat game tanpa ngoding cara membuat game tanpa ngoding cara membuat game tanpa ngoding cara membuat game tanpa ngoding cara membuat game tanpa ngoding cara membuat game tanpa ngoding cara membuat game tanpa ngoding
Bagi anda yang ketinggalan dalam seri tutorial Construct 2 perdana ini bisa memulai membaca artikelnya di sini: Cara membuat game tanpa ngoding
Untuk mekanisme pertama, klik sprite musuh dan klik Behavior di panel properties.

BelajarConstruct2-Enemy01

Cari behavior Sine dan klik Add

BelajarConstruct2-Enemy02

Tampilannya kurang lebih seperti ini

BelajarConstruct2-Enemy03

Jalankan game anda dan perhatikan jika kini, musuh sudah bergerak kiri dan kanan seperti bebek bingung

BelajarConstruct2-Enemy04

Masalahnya adalah jika karakter mendekat bahkan sampai bertabrakan belum terjadi apa-apa. Mekanisme ini yang akan kita tambahkan

BelajarConstruct2-Enemy05

Klik Tab Event yang ada di sebelah kanan Tab Layout

BelajarConstruct2-Enemy06

Klik Add Event dan pilih sprite Pemain (biru)

BelajarConstruct2-Enemy07

Cari Event "Nabrak" alias "Is Overlapping another object" kemudian klik Next

BelajarConstruct2-Enemy08

Pada kotak dialog klik tombol Choose

BelajarConstruct2-Enemy09

Kemudian pilih sprite Enemy dan klik Done

BelajarConstruct2-Enemy10

Event ini bisa dibaca sebagai "Jika Pemain Nabrak Musuh" tapi ini belum selesai. Ada kondisi lain yang harus ditambahkan. Oleh karena ini, klik kanan ada event dan klik Add another condition

BelajarConstruct2-Enemy11

Pilih sprite Pemain (biru) lagi

BelajarConstruct2-Enemy12

Kemudian cari kondisi "Jatuh" alias "Is Failing"

BelajarConstruct2-Enemy13

Nah, sampai sini kondisinya sudah terbentuk. Ini bisa dibaca: "Jika Pemain jatuh dari atas dan nginjek musuh maka..."

BelajarConstruct2-Enemy14

Tambahkan sebuah Action dengan cara klik Add Action dan pilih sprite Musuh (merah)

BelajarConstruct2-Enemy15

Pilih Action Destroy dan klik Done

BelajarConstruct2-Enemy16

Selesai. Blok event untuk mekanisme 2) Ssudah jadi.

BelajarConstruct2-Enemy17

Selanjutnya untuk mekanisme 3) caranya sama. Perbedaannya yang di destroy adalah Playernya.

BelajarConstruct2-Enemy18

Dan untuk membedakan antara ditabrak dari samping dan nginjek dari atas, khusus untuk mekanisme 3) klik kanan di event, khususnya di event Platform is Failing, dan klik Invert

BelajarConstruct2-Enemy19

Hal ini akan memastikan perbedaan antara ketabrak dari samping dan dari atas. Selesai

BelajarConstruct2-Enemy20

Jalankan game anda dan coba injek musuhnya. Hilang kan?

cara membuat game tanpa ngoding

Ah, tapi ini masih belum keren. Mesti perlu sedikit tambahan efek agar mekanisme sederhana ini jadi keren. Tunggu tutorial saya selanjutnya.

No comments:

Post a Comment