Dalam postingan ini saya akan membahas mengenai mekanisme musuh sederhana. Terdapat 3 mekanisme utama yang akan dibahas, yaitu 1) mekanisme musuh bergerak bolak-balik, 2) mekanisme player kalah saat menabrak musuh dari samping, dan 3) mekanisme musuh kalah saat diinjak oleh player dari atas.
cara membuat game tanpa ngoding cara membuat game tanpa ngoding cara membuat game tanpa ngoding cara membuat game tanpa ngoding cara membuat game tanpa ngoding cara membuat game tanpa ngoding cara membuat game tanpa ngoding
Bagi anda yang ketinggalan dalam seri tutorial Construct 2 perdana ini bisa memulai membaca artikelnya di sini: Cara membuat game tanpa ngodingUntuk mekanisme pertama, klik sprite musuh dan klik Behavior di panel properties.
Cari behavior Sine dan klik Add
Tampilannya kurang lebih seperti ini
Jalankan game anda dan perhatikan jika kini, musuh sudah bergerak kiri dan kanan seperti bebek bingung
Masalahnya adalah jika karakter mendekat bahkan sampai bertabrakan belum terjadi apa-apa. Mekanisme ini yang akan kita tambahkan
Klik Tab Event yang ada di sebelah kanan Tab Layout
Klik Add Event dan pilih sprite Pemain (biru)
Cari Event "Nabrak" alias "Is Overlapping another object" kemudian klik Next
Pada kotak dialog klik tombol Choose
Kemudian pilih sprite Enemy dan klik Done
Event ini bisa dibaca sebagai "Jika Pemain Nabrak Musuh" tapi ini belum selesai. Ada kondisi lain yang harus ditambahkan. Oleh karena ini, klik kanan ada event dan klik Add another condition
Pilih sprite Pemain (biru) lagi
Kemudian cari kondisi "Jatuh" alias "Is Failing"
Nah, sampai sini kondisinya sudah terbentuk. Ini bisa dibaca: "Jika Pemain jatuh dari atas dan nginjek musuh maka..."
Tambahkan sebuah Action dengan cara klik Add Action dan pilih sprite Musuh (merah)
Pilih Action Destroy dan klik Done
Selesai. Blok event untuk mekanisme 2) Ssudah jadi.
Selanjutnya untuk mekanisme 3) caranya sama. Perbedaannya yang di destroy adalah Playernya.
Dan untuk membedakan antara ditabrak dari samping dan nginjek dari atas, khusus untuk mekanisme 3) klik kanan di event, khususnya di event Platform is Failing, dan klik Invert
Hal ini akan memastikan perbedaan antara ketabrak dari samping dan dari atas. Selesai
Jalankan game anda dan coba injek musuhnya. Hilang kan?
Ah, tapi ini masih belum keren. Mesti perlu sedikit tambahan efek agar mekanisme sederhana ini jadi keren. Tunggu tutorial saya selanjutnya.
No comments:
Post a Comment