Cara Menambahkan Behavior Di Construct2 - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Thursday 2 February 2017

Cara Menambahkan Behavior Di Construct2



Satu hal yang membuat Construct2 menjadi game engine yang sangat powerfull adalah adanya fitur Build-in Behavior. Fitur ini berisikan banyak mekanisme dasar berbagai jenis game. Misalnya, karakter berjalan ala mario bross/ala battle tank/ala game rpg klasik, scrolling kamera otomatis, solid sprite dan jump-trugh sprite yang umum digunakan pada game jenis platformer, efek fade in untuk splash screen, sampai mekaniseme pathfinding dasar.

Semuanya sudah disediakan. Anda cukup merancang game seperti apa yang ingin anda buat dan pilih behavior yang dibutuhkan.

Cara membuat game 2D dengan construct2 Cara membuat game 2D dengan construct2 Cara membuat game 2D dengan construct2 Cara membuat game 2D dengan construct2 Cara membuat game 2D dengan construct2 Cara membuat game 2D dengan construct2 Cara membuat game 2D dengan construct2 Cara membuat game 2D dengan construct2 Cara membuat game 2D dengan construct2
Contohnya seperti pada kasus berikut. Misalkan anda ingin membuat mekanisme game ala Mario Bross dengan layout seperti ini. Bagi anda yang belum tahu cara membuat layout dan menyisipkan srpite untuk membuat layout seperti ini, silahkan baca terlebih dahulu artikel: Cara Melakukan Insert Sprite

Nah, untuk menambahkan Behavior pada sprite, klik terlebih dahulu sprite yang diinginkan. Lalu klik Behavior pada panel Properties

BelajarConstruct2-Behaviors01

Klik tombol + dan cari Behavior Platform (icon yang ada gambar orangnya)

BelajarConstruct2-Behaviors02

Hasilnya akan terlihat seperti ini

BelajarConstruct2-Behaviors03

Jalankan game anda dengan cara klik Run Layout dan perhatika... eh? Naha leungit?

BelajarConstruct2-Behaviors04

Oh maap, platformnya belum dikasi Behavior. Jadi weh tembus. Klik dulu platform yang ijo, dan klik Behavior.

BelajarConstruct2-Behaviors05

Untuk platform tambahin behavior Solid.

BelajarConstruct2-Behaviors06

Nah, kalau sudah begini harusnya mah sudah berfungsi. Meureun eta ge.

BelajarConstruct2-Behaviors07

Coba dites lagi. Bisa bergerak nggak? Mantaaap. Coba loncat? Mantaaap. Coba jalan terus ke kanan dan cari si musuhnya. Mant... eh? Kok hilang? Oh ya, kameranya belum ikut.

BelajarConstruct2-Behaviors08

Ada yang kurang dari behavior si player yaitu Behavior Scroll To. Dengan Behavior ini mekanisme game ala Mario Bross bisa dengan mudah dibuat.

BelajarConstruct2-Behaviors09

Sip. Coba tes sekali lagi, dan tadaaa. Berhasil! Berhasil! Hore!

Cara membuat game 2D dengan construct2

Ini adalah langkah-langkah dasar untuk membuat game platformer ala game Mario Bros. Asyik bukan? Pasti asyiklah. Apalagi anda bisa membuat ini hanya dalam hitungan menit. Mantaplah pokoknya mah. Sekian dulu tutorial dari saya. Nanti dilanjut lagi. Semoga bermanfaat. Hatur nuhun.

No comments:

Post a Comment