Cara Membuat Karakter Game 3D Dengan Fuse - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Wednesday 31 January 2018

Cara Membuat Karakter Game 3D Dengan Fuse


Ada tiga cara untuk membuat karakter game 3D. Yang pertama, minta tolong sama teman anda yang jago aplikasi 3D seperti Maya, 3DMax atau Blender. Rada mahal sih, tapi tingkat keberhasilannya cukup tinggi. Yang kedua, mempelajari software-software tersebut sendirian yang tentunya membutuhkan learning curve yang cukup lama. Dan yang ketiga, opsi terakhir yang coba saya ulas dalam artikel ini adalah dengan menggunakan bantuan software khusus modelling character 3D.
Dengan menggunakan software jenis ini, anda dapat membuat karakter 3D dalam hitungan menit. Kekurangannya, karakternya rada generik tapi dengan dukungan beberapa plugin, anda tetap bisa membuat karakter 3D yang unik kok. Saat ini ada beberapa software modelling character 3D, salah satunya, yang paling populer adalah Fuse. Saat artikel ini ditulis, Fuse sudah memasuki versi 1.3. Anda bisa mendownload Fuse secara gratis melalui Steam. Lalu bagaimana cara membuat karakter game 3D menggunakan Fuse? Yuk, kita simak.
Pertama-tama. jalankan Fuse. Anda akan dihadapkan pada layar utama yang memperlihatkan hasil akhir karakter anda dengan berbagai pilihan di sebelah kanannya. Jika anda pernah memainkan game The Sims, maka membuat karakter game dengan Fuse sama mudahnya dengan memainkan game tersebut.

Anda cukup memilih bagian-bagian tubuh sesuai dengan potongannya.

Mulai dari kepala, badan, tangan sampai dengan kaki.

Ada banyak pilihan yang bisa anda coba di Tab Assemble untuk membuat karakter yang anda ingikan.

Hal yang sama dapat anda lakukan di Tab Clothing. Hanya dalam hitungan detik, anda bisa membuat karakter 3D laki-laki atau perempuan lengkap dengan baju dan aksesorisnya.

Tidak cukup sampai di sini. Karakter 3D yang dihasilkan oleh Fuse juga dapat diberi rig dan animasi menggunakan servis Mixamo. Sayangnya, terhitung sejak 22 Agustus 2017, fitur otomatis ini dihilangkan. Sebagai gantinya, kita perlu mengexport karakter ke dalam format OBJ.

Setelah itu, akses website Mixamo.com pada browser.

Lalu upload karakter yang sudah kita hasilkan.

Bagian yang paling suka pada servis Mixamo adalah otomatisasi Rigging.

Kita hanya perlu menunjukkan posisi dagu dengan menggunakan lingkaran pada opsi Chin.

Pergelangan tangan dengan lingkaran pada opsi Wrist

Siku tangan dengan lingkaran pada opsi Elbow

Lutut dengan lingkaran pada opsi Knee

Dan terakhir bagian pelvis yang merupakan titik pusat sumbu animais

Klik Next dan tunggu beberapa saat. Nggak nyampe 2 tahun kok, sabar aja.

Voila. Dalam hitungan menit anda baru saja berhasil melakukan rig pada karakter 3D.

kalau karakter sudah di-rig maka langkah selanjutnya tinggal animasi. Untungnya, Mixamo menyediakan banyak sekali pilihan raw animation yang bisa anda pilih.

Misalnya jika anda memilih pose nimasi menembak, maka karakter anda pun otomatis akan menembak

Sangat mudah dan super simpel. Kombinasi antara Fuse dan Mixamo sangat cocok bagi tim indi developer untuk membuat game perdana mereka dengan sangat cepat.

Selanjutnya, download karakter anda dengan format FBX.

Pertanyaan selanjutnya adalah apakah karakter hasil download tadi bisa digunakan pada Game Engine? Khususnya Unity? Bisa lah!

Dan anda perlu memasukan seluruh texture karakter tersebut sebagai pelengkap.

Selesai. Sampai sini, anda baru saja membuat karakter 3D, lengkap dengan rigging dan animasi kurang dari sepuluh menit. Nggak percaya? Cobain aja sendiri.

No comments:

Post a Comment