Cara Memotong Sprite Menggunakan Shoebox - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Wednesday 31 January 2018

Cara Memotong Sprite Menggunakan Shoebox


Cara Memotong Sprite Untuk Pembuatan Game 2D itu banyak macamnya. Ada yang susah, ada yang mudah. Ada yang bayar, dan ada pula yang gratis. Semuanya tergantung dari tool yang anda gunakan. Jika anda menggunakan Photoshop, pasti usaha motong-motong Sprite ini akan menjadi usaha yang berbayar. Lah wong, potosopnya juga bayar. Minimal nge-crack lah. Sedangkan kalau pakai software gratisan kayak Gimp, anda juga pasti akan bayar. Minimal kopi sama bala-bala. Soalnya anda nggak bisa Gimp, jadi nyuruh teman anda sendiri untuk melakukannya.
Tapi sekarang ada cara mudah bagi anda yang nggak mahir software grafis (kayak saya) untuk memotong-motong sprite dalam hitungan detik. Detik coy! Detik! Kagak pake lama. Tinggal klak, klik doang dan joss! Langsung deh seluruh sprte yang adan butuhkan akan dipotong dan disimpan dalam sekejab. Adapun software yang saya pake ini namanya adalah Shoebox. Anda bisa mendownloadnya di sini: Shoebox.
Lalu caranya bagaimana? Pertama-tama adalah berdoa dulu. Kemudian minum kopi. Seruput dikiiit, ah. Sedap. Habis itu ambilah handphone dan mulai mabar. Ingat! Jika anda ingin menggunakan Zilong atau Akai, maka yang harus anda perhatikan... eh salah. Ehm. Tobat. Tobat. Baiklah, kita kembali ke jalan yang benar.
Install aplikasi Shoebox kemudian jalankan. Tampilannya kurang lebih seperti ini.

Setelah itu ambil file Sprite yang ingin dipotong, lalu drag ke arah gambar gunting.

Tunggu beberapa saat sampai seluruh Sprite berhasil dipotong oleh Shoebox. Kira-kira hasilnya seperti ini. Setelah itu, klik tombol Save.

Udah gitu doang. Dalam hitungan detik anda baru saja memotong puluhan Sprite (bisa tombol ui/karakter). Simpel dan nggak pake mikir. Trust me. It Works!

No comments:

Post a Comment