Siap Berevolusi? Paradigma Permainan Digital Akan Berubah Di Game Prime 2018 - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Thursday 28 June 2018

Siap Berevolusi? Paradigma Permainan Digital Akan Berubah Di Game Prime 2018



Hanya dalam beberapa pekan lagi, event game terbesar di Asia Tenggara Game Prime 2018 akan kembali digelar. Event yang terselenggara atas kerja sama Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), IDEA Network dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) akan digelar selama tiga hari mulai dari tanggal 13-15 Juli yang terbagi ke dalam dua sesi yaitu Business Day dan Public Day.

Tajuk Gaming Envolved yang menjadi tema Game Prime tahun ini memang terasa sangat cocok setidaknya untuk tiga alasan. Alasan pertama, nama Game Prime sendiri sebenarnya merupakan hasil evolusi dari Game Developer Gathering yang telah berjalan selama 8 tahun dan baru pada tahun 2016 mengalami perubahan menjadi Game Prime.



Alasan kedua, adalah jumlah pengunjung Game Prime yang juga terus meningkat dari tahun ke tahun. Jika di tahun perdananya, Game Prime 'hanya' dikunjungi oleh 3.500 peserta, di tahun kedua jumlah pengunjung melonjak drastis mencapai lebih dari 13.000 pengunjung atau mengalami peningkatan hingga hampir 400%. Tidak salah jika kemudian acara ini bukan hanya disebut sebagai event game terbesar di Asia Tenggara.



Alasan yang ketiga, dunia game digital terus berevolusi dengan berkembangnya berbagai teknologi yang dapat meningkatkan pengalaman bermain dan interaksi antara dunia nyata dan dunia maya. Term Extended Reality (XR) yang mengadopsi 3 konsep utama yaitu Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR) dan Mixed Reality (MR) tampaknya akan menjadi daya tarik utama sekaligus jenis genre yang paling banyak ditonjolkan oleh para developer di Game Prime 2018.




Dilansir dari grandviewresearch, estimasi market untuk jenis game berbasis VR telah mencapai 4.29 Milyar USD di tahun 2015 dan akan terus mengalami peningkatan sampai tahun 2025. Penyebab terjadinya peningkatan ini disebabkan oleh semakin tingginya permintaan terhadap jenis permainan berteknologi canggih oleh generasi milenia, peningkatan pertumbuhan ekonomi di berbagai negara dan semakin tingginya persaingan di antara vendor dan developer di bidang Virtual Reality.



Estimasi pertumbuhan ini menunjukkan jika masa depan permainan digital akan terbagi ke dalam tiga segmen besar yaitu Game Konsol, PC/Desktop dan Smartphone yang saat ini merupakan perangkat utama yang kompatibel penuh dengan semua jenis penerapan konsep XR. Meningkatnya dukungan pengembangan terhadap teknologi tersebut, sepertinya masih akan menjadikan konsep ini menjadi trend di Game Prime selama beberapa tahun mendatang.

Apa lagi? Dengan semua kemeriahan, kecanggihan dan keseruan yang menjadi ciri khas Game Prime, event ini pastinya akan menjadi sebuah event yang sangat ditunggu-tunggu, bukan hanya oleh para praktisi game dan pelaku industri kreatif di subsektor permainan interaktif, tetapi juga oleh masyarakat awam dan para gamer yang haus akan pengalaman memainkan permainan digital dengan pengalaman dan rasa yang berbeda.

Zaman sudah berubah. Teknologi ikut berubah. Bentuk permainan juga sudah semakin berubah. Dan memang, ini adalah waktu yang tepat bagi game untuk berevolusi. Henshin!



No comments:

Post a Comment