Unity adalah GameEngine yang dipakai oleh lebih dari satu juta orang di seluruh dunia. Dan jumlah tersebut tidak berbanding lurus dengan skill para usernya. Hanya segelintir dari mereka yang benar-benar paham arsitekturnya, dan bagaimana best practice untuk mengembangkan game menggunakan Unity. Sementara sebagian besar, umumnya kebingungan setengah mati dalam memahami fungsi-fungsi dasar Unity, terlebih lagi memformulasikan class-class terbaik ke dalam C# untuk memudahkan dan mempercepat pengembangan game.
Sejak tahun 2009 (awal-awal Unity dirilis), sudah ada beberapa orang di Amerika sana yang mencoba mengemas dasar-dasar penggunaan Unity ke dalam buku. Mereka sebenarnya juga bukan orang yang ahli-ahli amat dengan Unity. Hanya saja umumnya pernah terlibat dalam sebuah proyek game atau semacamnya menggunakan engine lain atau bahkan langsung menggunakan direct x atau opengl programming. Jadi, Unity, bagi orang-orang itu (termasuk saya) adalah software ajaib yang telah menyelamatkan hidup mereka dari ngoding game yang memakan terlalu lama.
Sekitar 3-4 tahun yang lalu saya sendiri pernah membaca buku Unity versi awal karangan Will Goldstone. Isinya sangat mendasar dan sangat fundamental. Sangat direkomendasikan bagi yang ingin memahami seluk beluk Unity secara dalam, tapi bagi yang ingin instant dan pengin cepet-cepet ngoding, sepertinya buku itu terlalu garing. Serius.
Ngomong-ngomong soal buku, entah latah atau memang sudah niat, tapi buku-buku Unity terbitan Packt Publishing punya gaya yang sama. Bentuk cover dan tata cara penyajiannya juga hampir mirip. Kelihatan sekali jika buku itu sangat formal dan akademis. Jauh berbeda dengan buku Unity yang ada gambar Kiky Si Kancilnya, hehehe. Nah, berikut adalah sebagian bentuk cover buku Unity terbitan Packt Publishing dan Informatika.
Cover | Keterangan |
| Unity Game Development Essentials Penulis: Will Goldstone Tahun: 2009 Penerbit: Packt Publishing |
| Unity IOS Essentials Penulis: Robert Wiebe Tahun: 2011 Penerbit: Packt Publishing |
| Unity 3x Game Development Essentials Penulis: Will Goldstone Tahun: 2011 Penerbit: Packt Publishing |
| Unity IOS Beginners Guide Penulis: Gregori Pierce Tahun: 2012 Penerbit: Packt Publishing |
| Unity 3.x Scripting Penulis: Volodymyr Gerasimov, Devon Kraczla Tahun: 2012 Penerbit: Packt Publishing |
| Unity Shaders and Cookbook Penulis: Kenneth Lammers Tahun: 2013 Penerbit: Packt Publishing |
| Learning C# By Developing Game With Unity 3D Penulis: Terry Norton Tahun: 2013 Penerbit: Packt Publishing |
| Unity For Architectural Visualization Penulis: Stefan Boeykens Tahun: 2013 Penerbit: Packt Publishing |
| Unity 4.x Game AI Programming Penulis: Aung Sithu Kyaw, Clifford Peters, Thet Naing Swe Tahun: 2014 Penerbit: Packt Publishing |
| Unity Game Development Blueprint Penulis: John P. Doran Tahun: 2014 Penerbit: Packt Publishing |
| Building Level in Unity Penulis: Volodymyr Gerasimov Tahun: 2015 Penerbit: Packt Publishing |
| Unity 3D UI Essentials Penulis: Simon Jackson Tahun: 2015 Penerbit: Packt Publishing |
| Unity 5.x Cookbook Penulis: Matt Smith, Chico Queiroz Tahun: 2015 Penerbit: Packt Publishing |
| Unity Tutorial Game Engine Penulis: Rickman Roedavan Tahun: 2014 Unity Versi 4.x Penerbit: Informatika |
| Mudah Membuat Game 3 Dimensi Menggunakan Unity 3D Penulis: Tim Wahana Komputer Tahun: 2014 Unity Versi 4.x Penerbit: Andi |
| Mudah Membuat Game dan Potensi Finansialnya Menggunakan Unity 3D Penulis: Baskara Arya Pranata, Andri Kurniawan Pramoedji, Ridwan Sanjaya Tahun: 2015 Unity Versi 4.x Penerbit: Elex Media Komputindo |
| Unity Tutorial Game Engine Edisi Revisi 2 Penulis: Rickman Roedavan Tahun: 2016 Unity Versi 5.x Penerbit: Informatika |
| Unity Tutorial Game Engine Edisi Revisi 3 Penulis: Rickman Roedavan Tahun: 2018 Unity Versi 2017.x Penerbit: Informatika |
No comments:
Post a Comment