Update: Daftar Buku Unity 3D - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Sunday 8 July 2018

Update: Daftar Buku Unity 3D



Unity adalah GameEngine yang dipakai oleh lebih dari satu juta orang di seluruh dunia. Dan jumlah tersebut tidak berbanding lurus dengan skill para usernya. Hanya segelintir dari mereka yang benar-benar paham arsitekturnya, dan bagaimana best practice untuk mengembangkan game menggunakan Unity. Sementara sebagian besar, umumnya kebingungan setengah mati dalam memahami fungsi-fungsi dasar Unity, terlebih lagi memformulasikan class-class terbaik ke dalam C# untuk memudahkan dan mempercepat pengembangan game.

Sejak tahun 2009 (awal-awal Unity dirilis), sudah ada beberapa orang di Amerika sana yang mencoba mengemas dasar-dasar penggunaan Unity ke dalam buku. Mereka sebenarnya juga bukan orang yang ahli-ahli amat dengan Unity. Hanya saja umumnya pernah terlibat dalam sebuah proyek game atau semacamnya menggunakan engine lain atau bahkan langsung menggunakan direct x atau opengl programming. Jadi, Unity, bagi orang-orang itu (termasuk saya) adalah software ajaib yang telah menyelamatkan hidup mereka dari ngoding game yang memakan terlalu lama.

Sekitar 3-4 tahun yang lalu saya sendiri pernah membaca buku Unity versi awal karangan Will Goldstone. Isinya sangat mendasar dan sangat fundamental. Sangat direkomendasikan bagi yang ingin memahami seluk beluk Unity secara dalam, tapi bagi yang ingin instant dan pengin cepet-cepet ngoding, sepertinya buku itu terlalu garing. Serius.

Ngomong-ngomong soal buku, entah latah atau memang sudah niat, tapi buku-buku Unity terbitan Packt Publishing punya gaya yang sama. Bentuk cover dan tata cara penyajiannya juga hampir mirip. Kelihatan sekali jika buku itu sangat formal dan akademis. Jauh berbeda dengan buku Unity yang ada gambar Kiky Si Kancilnya, hehehe. Nah, berikut adalah sebagian bentuk cover buku Unity terbitan Packt Publishing dan Informatika.

CoverKeterangan
Buku Unity3d
Unity Game Development Essentials
Penulis: Will Goldstone
Tahun: 2009
Penerbit: Packt Publishing
Unity IOS Essentials
Penulis: Robert Wiebe
Tahun: 2011
Penerbit: Packt Publishing
Unity 3x Game Development Essentials
Penulis: Will Goldstone
Tahun: 2011
Penerbit: Packt Publishing
Unity IOS Beginners Guide
Penulis: Gregori Pierce
Tahun: 2012
Penerbit: Packt Publishing
Unity 3.x Scripting
Penulis: Volodymyr Gerasimov, Devon Kraczla
Tahun: 2012
Penerbit: Packt Publishing
Unity Shaders and Cookbook
Penulis: Kenneth Lammers
Tahun: 2013
Penerbit: Packt Publishing
Learning C# By Developing Game With Unity 3D
Penulis: Terry Norton
Tahun: 2013
Penerbit: Packt Publishing
Unity For Architectural Visualization
Penulis: Stefan Boeykens
Tahun: 2013
Penerbit: Packt Publishing
Unity 4.x Game AI Programming
Penulis: Aung Sithu Kyaw, Clifford Peters, Thet Naing Swe
Tahun: 2014
Penerbit: Packt Publishing
Unity Game Development Blueprint
Penulis: John P. Doran
Tahun: 2014
Penerbit: Packt Publishing
Building Level in Unity
Penulis: Volodymyr Gerasimov
Tahun: 2015
Penerbit: Packt Publishing
Unity 3D UI Essentials
Penulis: Simon Jackson
Tahun: 2015
Penerbit: Packt Publishing
Unity 5.x Cookbook
Penulis: Matt Smith, Chico Queiroz
Tahun: 2015
Penerbit: Packt Publishing
SampulDepanUnity
Unity Tutorial Game Engine
Penulis: Rickman Roedavan
Tahun: 2014
Unity Versi 4.x
Penerbit: Informatika
Buku Andi
Mudah Membuat Game 3 Dimensi Menggunakan Unity 3D
Penulis: Tim Wahana Komputer
Tahun: 2014
Unity Versi 4.x
Penerbit: Andi
Mudah membuat Game
Mudah Membuat Game dan Potensi Finansialnya Menggunakan Unity 3D
Penulis: Baskara Arya Pranata, Andri Kurniawan Pramoedji, Ridwan Sanjaya
Tahun: 2015
Unity Versi 4.x
Penerbit: Elex Media Komputindo
Buku Unity Revisi 2
Unity Tutorial Game Engine Edisi Revisi 2
Penulis: Rickman Roedavan
Tahun: 2016
Unity Versi 5.x
Penerbit: Informatika
Unity Tutorial Game Engine Edisi Revisi 3
Penulis: Rickman Roedavan
Tahun: 2018
Unity Versi 2017.x 
Penerbit: Informatika

No comments:

Post a Comment