Cara Memperbaiki Error Can't Add Script Di Unity - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Monday 19 May 2014

Cara Memperbaiki Error Can't Add Script Di Unity


Postingan kali ini bukan untuk ngejelasin tutorial tapi untuk menjelaskan salah satu error yang dialami oleh salah satu kawan kita yaitu kang Yan Azhary. Thanks banget atas sumbangan errornya kang. Karena di dalam dunia programmer kalau kita nggak bisa nyumbang ide, nyumbang koding, atau nyumbang kue, yaah, minimal nyumbang error. Semuanya demi kebaikan sesama, hahaha.
Error yang dialami kang Yan Azhary saya rasa pasti pernah dialami juga oleh anda semua, yaitu error dengan tulisan: CANT ADD SCRIPT. Itu artinya ada yang salah dengan script kita sehingga ga bisa dipasang ke GameObject. Penyebabnya macem-macem, bisa salah ketik dan bisa juga salah nelen (hah?). Yang paling gampang buat nuntasin errornya adalah dengan memposting screen shot error ke facebook saya yaitu http://www.facebook.com/roedavan biar bisa kita bedah sekalian. Dan hasil erornya kang Yan Azhary adalah sebagai berikut:


Kesalahan yang terjadi adalah NAMA FILE tidak sama dengan NAMA CLASS. Makanya error. Dalam tutorial Splash Screen gue emang ngejelasinnya rada ngebut, tapi nggak nyangka loh ada yang kepeleset sampai error begini, hahaha. Perhatikan semua tulisan yang dikasih WARNA MERAH. Itu adalah nama script yang tertulis di Panel Assets yaitu NEWBEHAVIOURSCRIPT.CS. Biasanya nama defaultnya begitu. Pas dobel klik dan masuk ke MonoDevelop, gue nyuruh lo semua untuk ngetik public class SplashScreen. Nah, si NEWBEHAVIOURSCRIPT itu teh mesti kudu harus and must persis sama nggak boleh beda daripada nggak different yang mana wajib sesuai dengan SplashScreen. Ngerti nggak? Nggak kan? Sama gue juga bingung gue ngomong apaan. *gubrak!*
Pokoknya kalau nama filenya SplashScreen.cs nama Classnya oge mesti SplashScreen. Samain aja dengan gambarnya tuh:


Oke segitu dulu dan sekali lagi makasih banyak buat kang Yan Azhary yang sudah menyampaikan errornya. Gue berharap ini bukan error yang pertama mampir, semoga ada banyak error-error lain yang datang dan bisa kita tuntaskan bersama. Bersakit-sakit dahulu, berenang-renang ke tepian. Bererror-error dahulu, mudah-mudahan nggak keterusan. Sampai ketemu lagi.

No comments:

Post a Comment