Belajar Photoshop Untuk Pemula - Hello World - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Wednesday 1 February 2017

Belajar Photoshop Untuk Pemula - Hello World


Saya bukan pakar photoshop. Asli. Saya lebih sering menggunakan Paint .Net untuk melakukan beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan grafis. Pernah sih pakai Photeshop. Tapi rasanya sudah lebih dari setengah dekade yang lalu.

Alasan saya nggak lagi menggunakan photoshop adalah:

Satu, photoshop berlisensi. Harganya cukup mahal untuk kantong saya yang cekak, dan saya menolak untuk menggunakan bajakannya.

Kedua, saya nggak begitu sering berhubungan dengan kegiatan grafis, kalau pun ada, software ringan bin gratis Paint .Net sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan saya.

Ketiga, loading Photoshop yang gila suka bikin saya bete. Mungkin saya harus beli laptop baru, atau mungkin saya harus selalu sedia kwaci setiap nungguin software itu bekerja.

Nah, masalah mulai muncul saat semester ini saya harus mengajar tentang Computer Image Design menggunakan Photoshop. Sudah lama nggak pernah pake, mesti ngajar lagi. Terpaksa deh saya pun download Photoshop, yang untungnya, menyediakan versi trial. Cukup baik. Photoshop menyediakan waktu trial selama 7 hari.

Wow. Baik banget ya? *Dzig!

Perasaan jaman saya dulu kalau ada software ngasih trial itu batas waktunya 30 hari. Ini kenapa cuma 7 hari? Pelit amat. Ya sudahalah. Nggak apa-apa. Demi mempersiapkan materi pengajaran design grafis yang seadanya, maka saya pun membuat sekumpulan tutorial Photoshop menggunakan versi terbaru selama 7 hari.

Catat ya. Semua tutorial photoshop ini hanya dibuat dalam waktu 7 hari. Maksudnya, screen shotnya. Untuk artikelnya yaah, akan diketik secara berkala. Itu juga kalau inget. Jadi kalau tutorialnya rada geje dan nggak jelas, mohon untuk dimaafin. Saya cuma punya waktu 7 hari soalnya. Oke. Anda siap untuk belajar Photoshop?

Untuk tutorial pertama ini, saya akan menjelaskan dasar-dasar penggunaan Photoshop yang dasar banget. Yang pertama, untuk versi terbaru seluruh aplikasi Adobe mendapat code name CC alias Creative Cloud. (Dulu Creative Suite). Kenapa jadi Cloud? Karena memang ada beberapa fitur yang khusus disiapkan untuk sinkronisasi dengan Cloud. Makanya, pada saat mendownload aplikasi ini saya "dipaksa" untuk melakukan sign up dulu.

 Untungnya gratis.

Jadi cuek bebek aja.

 Tampilan awal Photoshop CC 2017 terlihat seperti ini. Keren banget ya? Saya paling suka dengan aplikasi berwarna hitam soalnya. Terkesan cool dan elegan,
  tutorial photoshop untuk pemula

Untuk memulai bekerja dengan Photoshop anda bisa klik Start New dan pilih ukuran dokumen yang diinginkan
  Photoshop03

Ta-da. Ini dia tampilan Photoshop CC 2017. Yang pasti tampilannya jauh lebih keren daripada Photoshop jaman saya dulu.
  Photoshop04

Untuk membuat file baru, selain dengan tombol New anda juga bisa menggunakan menu standar File > New
  Photoshop05

Untuk menyimpan file hasil kerja anda, cukup akses menu File > Save As
  Photoshop06

Ada beberapa format pilihan file yang bisa anda gunakan. File PSD untuk menyimpan hasil kerja utama anda yang bisa diedit kembali di kemudian hari.
  Photoshop07

Atau menyimpannya dalam format file gambar seperti JPG misalnya, yang merupakan hasil akhir dari pekerjaan anda.
  Photoshop08

Nah, sekian dulu penjelasan singkat aplikasi Photoshop CC 2017. Kok garing banget? Kan namanya juga Hello World. Oh salah, ini namanya Hello Photoshop.

No comments:

Post a Comment