Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 3 - Ayah - IMedia9 - Creative Networks

Breaking

Tuesday 15 August 2017

Petani Pecinta One Piece (PPOP): Part 3 - Ayah



Siapa dari sekian banyak nakama yang membaca postingan ane yang dekat dengan ayahnya? Bapaknya atau papanya? Sebaliknya apakah ada yang tidak terlalu dekat? Membenci? Atau bahkan jadi musuh alami? Manga One Piece adalah salah satu penggambaran dan acuan saya dalam memahami karakter seorang bapak. Bapak itu dulunya juga adalah seorang anak muda, remaja laki-laki dan anak kecil, kemungkinan besar sifatnya mengalir 50℅ ada di karakter kita. Lalu hubungannya dengan One Piece apa? 

Karakter Monkey D Dragon pada manga One Piece di gambarkan sangat misterius, sifat kebapakannya juga berbeda. Ikatan yang dia jalin dengan Luffy tidak seperti Bapak-Anak pad aumumnya. Dragon menyanyangi Luffy dengan cara yang keren. Dia sadar kalau hidupnya sangat berat sebagai Revolusioner yang menentang pemerintah. Apalagi ayahnya, Monkey D Garp, memiliki nama besar sebagai pahlawan marine. Dragon terjebak dalam situasi dimana dia harus memilih antara Garp dan Luffy. Jalannya untuk melawan pemerintah dunia sangat sulit dijelaskan pada Luffy. Sehingga sifat egois pada dirinya tak mungkin digunakan untuk menekan anaknya sendiri.


Ingat ga waktu Dragon bilang "Hm... Bajak laut? Pilihan yang tidak buruk" disitulah ane merasa tersentuh. Sifat kebapakan Dragon dimunculkan Oda dengan sangat sederhana namun absolute. Kebahagiaan seorang anak adalah saat bapaknya percaya dan mendukung pilihannya sedangkan mempercayai seorang anak atas pilihannya tanpa kuatir adalah hal yang paling berat yang dapat dilakukan orang tua. Oda dengan karakter Monkey D Dragon menggambarkan sosok bapak tetaplah laki-laki bebas dengan tanggung jawab. 

No comments:

Post a Comment